POPULAR STORIES

McLaren Tunjuk Carlos Sainz Jr Jadi Pengganti Alonso Musim Depan

McLaren Tunjuk Carlos Sainz Jr Jadi Pengganti Alonso Musim Depan Carlos Sainz Jr (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - McLaren resmi menunjuk Carlos Sainz Jr sebagai pengganti Fernando Alonso musim depan. Pengumuman itu disampaikan McLaren, dua hari setelah pengunduran diri Alonso dari ajang balap Formula 1.

Alonso memutuskan pensiun dari balapan Formula 1 usai kontraknya bersama McLaren habis musim ini. Selain itu, intensitas balapan yang membosankan, dinilai menjadi alasan utama pensiunnya Alonso.

McLaren pun langsung bergerak cepat mencari partner baru untuk Stoffel Vandoorne di musim 2019. Pilihan dijatuhkan pada pembalap muda Renault, Carlos Sainz Jr.

"Kami sangat senang bisa memiliki Sainz sebagai pembalap kami," ujar CEO McLaren, Zack Brown.

"Kami sudah mengamatinya sejak lama dan menilai sebagai salah satu talenta berbakat dari generasi pembalap muda yang kini tengah naik daun di Formula 1," sambungnya.

Baca Juga: Fernando Alonso Putuskan Pensiun Dari F1 Di Akhir Musim 2018

Sainz akan dikontrak dengan durasi jangka panjang (multi-tahun) sekaligus mengakhiri spekulasi soal masa depannya. Pasalnya, Sainz berstatus sebagai pembalap Red Bull Racing yang dipinjamkan ke tim Renault.

Namun, belum lama ini Red Bull Racing telah menunjuk Pierre Gasly sebagai pengganti Ricciardo yang hengkang ke Renault. Gasly pun dipastikan bakal jadi partner Max Verstappen musim depan di Red Bull.

"Saya senang akhirnya bisa memastikan bahwa saya akan menjadi pembalap McLaren mulai musim depan" ujar Sainz.

Baca Juga: Sering Mengeluh, Fernando Alonso Dibilang Mirip Neymar

"Ini adalah sesuatu yang telah saya inginkan untuk beberapa saat dan saya sangat bersemangat menjalani bab berikutnya dalam karier saya."

Pembalap berusia 23 tahun itu sudah mencatatkan 72 kali balapan sejak debut di F1 pada 2015 bersama Toro Rosso. Sayangnya pembalap binaan Renault itu belum pernah naik podium, catatan terbaiknya adalah finis keempat pada GP Singapura 2017.