Melalui Tiguan, Volkswagen Bidik Konsumen Yang Jenuh Dengan Mobil Jepang

Melalui Tiguan, Volkswagen Bidik Konsumen yang Jenuh dengan Mobil Jepang Volkswagen Tiguan Allspace (KO/Edo)

KabarOto.com - PT Garuda Mataram Motor, selaku pemegang merek Audi dan Volkswagen di Indonesia, baru saja menyerahkan unit Volkswagen Tiguan Allspace yang diproduksi di Indonesia, kepada lima orang pembeli pertama, di Jakarta (02/09).

Lima Unit VW Tiguan Allspace tersebut, diserahkan langsung oleh Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT Garuda Mataram Motor. "Volkswagen Tiguan Allspace ini merupakan hasil karya tenaga kerja Indonesia dengan kualitas tinggi sesuai standard Volkswagen Jerman," ujarnya.

Baca Juga: Profil - Volkswagen Tiguan Allspace

Seperti diketahui, VW memang memproduksi sendiri Tiguan Allspace untuk pasar Indonesia, dengan menggunakan fasilitas PT National Assemblers, Cikampek, Jawa Barat. Hal itu dilakukan agar harga jual Tiguan menjadi lebih kompetitif.

Chief Operationg Officer PT GMM, Jonas Chendana mengatakan, bahwa kapasitas produksi di pabrik tersebut mencapai 6.000 unit pertahun.

VW optimis Tiguan bakal diserap pasar Indonesia dengan baik

"Khusus Tiguan, kita targetkan bisa memproduksi hingga 2.000 unit. Namun untuk gelombang pertama ini hingga akhir Desember, kita akan produksi sebanyak 300 unit untuk dikirim ke konsumen," katanya.

lebih lanjut pria ramah itu menilai, bahwa saat ini pasar SUV di Indonesia sedang berkembang. "Kebetulan kita punya modelnya (SUV), dan kita membidik orang-orang yang mulai jenuh dengan mobil buatan Jepang," katanya saat ditemui KabarOto.

Jonas pun optimis, target penjualan sekitar 200 unit perbulan dapat tercapai. Mengingat Tiguan dilengkapi dengan mesin yang bertenaga dan efisien, serta fitur yang terbilang komplet. "Apalagi secara pasar hanya Tiguan satu-satunya merek Eropa di kelasnya, yang memiliki 7 seater di Indonesia," tuturnya.

Dilengkapi beragam fitur canggih

Menariknya, Tiguan Allspace tersebut diproduksi dengan menggunakan sistem MKD (medium knocked down). "Jadi sistemnya sebelum CKD (completly knocked down). Di sini kita hanya merakit saja part terurai yang dikirim dari Jerman. Jadi tidak ada proses coating atau pun stamping," jelas Jonas.

Baca Juga: Galeri Foto Jambore Nasional Volkswagen Ke-50

VW Tiguan Allspace sendiri dibekali mesin 1.4 TSI 4 silinder, yang mampu menghasilkan tenaga 150 dk dan torsi 250 Nm. Mesin itu mampu Tiguan melakukan akselerasi dari posisi diam hingga 100 kpj dalam waktu 9,5 detik.

Dibekali mesin bertenaga dan efisien

Sejumlah fitur pun telah disematkan, sebut saja 3 Zone Climatronic AC, Cruise Control, kamera 360 derajat Area View, Park Assist System, Tire Pressure Monitoring, Electronic Stability Control (ESC), Automatic Post Collision Brake System, hingga Electronic Parking Brake dengan Autohold.