Melihat Bus Klasik Dodge 500 Yang Pernah Dipakai Sumber Alam

Melihat Bus Klasik Dodge 500 yang Pernah Dipakai Sumber Alam bagian kap mesin yang masih moncong (bonet)

KabarOto.com - Bus Klasik yang pernah beredar di Indonesia bermerek Dodge hilir mudik di JIExpo Kemayoran Jakarta, Pusat. Dodge 500 ini pernah menjadi armada Perusahaan Otobus (PO) Sumber Alam dan beberapa perusahaan lainnya di era 1970-an.

Sebelum bus-bus asal Jepang datang ke Indonesia, di era 1950 - 1970-an bus asal Amerika mendominasi jalanan di Indonesia. Sebut saja merek Dodge, GMC, Fargo, dan Chevrolet. Sebagian besar dari bus-bus tersebut menggunakan bahan bakar bensin, bukan solar atau diesel seperti bus Jepang.

Baca Juga: Bus World, Pameran Bus Terbesar Se-Asia Tenggara Ada Di Kemayoran

Bagian Kemudi
Bagian Kemudi

Kembali ke Dodge 500 armada Sumber Alam, bus ini sekarang tampak gagah, dengan warna eksterior putih mendominasi dan garis-garis biru muda di bawah an bagian tengah yang menggambarkan warna ikonik Sumber Alam. Di bagian kap mesin yang masih berbentuk moncong (bonet) khas kendaraan tempo dulu khususnya buatan Amerika, terdapat lambang Dodge yang masih tampak kinclong. Namun sayang KabarOto.com tidak bisa melihat isi didalam kap mesin tersebut.

Lampu sein depan yang berada di samping kap mesin masih mempertahankan orisinalitasnya. Masuk ke bagian interior, bus ini tampak cantik. Dengan warna cokelat mendominasi disetiap bagian. Yang pertama bagian setir sampai jok untuk pengemudi dibalut kulit berwarna cokelat.

Interior
Interior yang dibalut warna cokelat.

Baca Juga : Keren.. TransJakarta Bakal Menggunakan Bus Listrik Yang Ramah Lingkungan

Bagian persneling masih menampilkan keasliannya. Begitu juga di bangku penumpang, lapisan kulit membalut dengan rapi dan tampak cantik serta bersih. Ini membuat nyaman penumpang yang duduk untuk mengelilingi arena JIExpo.

Plafonnya juga dilapisi dengan warna cokelat muda, seragam dengan joknya. Kolektor nampaknya masih mempertahankan ciri khas asli namun dibalut sedimikian rupa sehingga pengunjung yang melihat bus ini akan terbawa pada keadaan tempo dulu yang lebih modern.

Ciri khas bus di zaman itu, gril besar dengan lampu bulat

Oiya, bus ini memiliki tiga buah pintu, yang pertama tentu ada di samping kemudi, yang kedua ada di paling depan tepat disebelah kiri seperti bus pada umumnya. Satu lagi ada dibagian paling belakang.

Baca Juga: Volvo Bawa Model Bus Tingkat Dan Bus Rapid Transit

Bus buatan Amerika ini dilengkapi dengan mesin bensin 6 silinder yang mampu menghasilkan tenaga hingga 140 dk. Ada juga mesin versi V8 yang bertenaga hingga 212 dk. Tenaga dari mesin kemudian disalurkan via transmsi manual 4 percepatan berkode NP435, sedangkan untuk gardan menggunakan type full flotaing lansiran eaton .

Berita Terkait

Berita Terkait