Melihat Kerennya Motor Era 90-an Anggota Old Genesis

Melihat Kerennya Motor era 90-an Anggota Old Genesis Para anggota Old Genesis (Fauzanpasha/ig)

KabarOto.com - Sobat KabarOto pecinta roda dua, tumbuh besar di era 90-an, pasti akrab dengan film-film berisi tentang adegan balapan sepeda motor. Sebut saja Full Throttle yang diperankan oleh Andy Lau serta Legend of Speed.

Dalam film Full Throttle misalnya, Andy Lau terlihat begitu keren melakukan balapan menggunakan Honda NSR 250. Bisa dibilang, desain motor era 90-an khususnya sportbike memang tak lekang oleh waktu, bahkan hingga sekarang.

Baca Juga: Dua Motor Harley-Davidson Ini Kesayangan Habibie

Di Indonesia, beberapa diantara pecinta motor tersebut kini membentuk sebuah komunitas bernama Old Genesis. Gany Rahman selaku salah seorang penggagas mengatakan, perkumpulan ini terbentuk secara tidak sengaja.

Deretan motor anggota Old Genesis

"Waktu itu masih riding sendiri, pas di jalan ketemu dua orang yang lagi bawa motor (sejenis) juga. Akhirnya diajakin nongkrong bareng," kata Gany. Sejak saat itu, timbul lah ide untuk membentuk suatu komunitas dengan mengumpulkan penggemar motor gede lawas lainnya.

"Sebenarnya Old Genesis merupakan kumpulan pecinta motor-motor tua, terutama yang berjenis Japanese Nostalgic, atau Japanese Culture. Rata-rata kapasitas mesinnya mulai dari 250 cc sampai 1.000 cc dengan tahun di bawah 2000-an," jelas Gany kepada kabarOto.

Sunmori menjadi agenda rutin (Fauzanpasha)

Lebih lanjut pria ramah itu mengatakan, seiring berjalannya waktu, sejak didirikan tahun 2017, jumlah anggotanya terus bertambah. "Total anggota kita ada 32 member. Tak hanya di Jakarta, namun juga ada di Bandung hingga Jogjakarta," ujar Gany.

Menariknya, beberapa motor koleksi para anggota terbilang cukup langka keberadaannya di Indonesia. Sebut saja Honda NSR 250 MC28 Super Edition, Honda CBR 400 NC29, hingga Suzuki GSX-R 400. Semuanya motor era tahun 90-an.

Didominasi motor era 90-an

Gany mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh para anggota Old Genesis pun beragam. Mulai dari Sunmori (Sunday Morning Ride), nyari makan bareng, turing, sampai melakukan aksi sosial dengan pemberian santunan ke panti asuhan.

Old Genesis pun membukan kesempatan kepada para pecinta motor lainnya untuk bergabung. "Bisa melakukan dm di instagram @oldgenesis. Kita tak pilih-pilih anggota, namun kita tekankan agar bisa sealiran. Dalam artinya kondisi motornya full orisinal, dan rapih," tutur Gany.

Baca Juga: Dari Mercedes-Benz 600 Pullman Hingga Range Rover, Ini Dia Koleksi Mobil Langka BJ Habibie

Karena keberadaan unit sepeda motornya yang cukup jarang, Gany mengaku bahwa ia dan teman-temannya sering mendapatkan motor dari tangan kolektor.

"Kebanyakan dapetin motornya justru dari daerah. Jenisnya motor para anggota juga tidak hanya sportbike, namun ada naked bike, juga cruiser semacam Yamaha Virago, yang penting di bawah tahun 2000," ucapnya.

Old Genesis starter pack, plus jaket retro ala Jepang

Salah satu keuntungan menjadi anggota Old Genesis ialah, mendapat rujukan bengkel yang bagus untuk melakukan perawatan motor.

"Sekaligus menepis stigma naik motor tua itu takut mogok dan sebagainya. Nyatanya motor anggota kita bisa dipakai harian bahkan turing," pungkas Gany. Mantap sob!

Berita Terkait

Berita Terkait