POPULAR STORIES

Melihat Lebih Dekat Toyota AE86 Purple Hachi

Melihat Lebih Dekat Toyota AE86 Purple Hachi Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com – Jika Sobat KabarOto pernah melihat pameran modifikasi mobil besar, mungkin pernah melihat mobil Toyota AE86 dengan kelir biru keunguan ini.

Tidak seperti biasanya AE86 yang dimodifikasi layaknya Initial D, sang owner, Hakim Putratama ingin mobilnya tampil berbeda dan sesuai referensi seleranya.

Baca Juga : Galeri Mobil-Mobil Yang Mejeng Di Auto Kultur Festival 2022

Mulai dari body kit, semuanya dibuat kustom dengan referensi sang pemilik. Baik dari desain lips depan, wide body, hingga spoiler ducktail-nya, bahkan pemilihan warnanya. Dipadukan pelek dipesan khusus racikan Work Equip 40s edisi khusus dengan face emas dan berbibir bronze ukuran 15 inci lebar 8 depan dan 10 di belakang. Dibalut ban yang ukurannya spesial semi-slick Toyo Proxes R888R ukuran 205/50 R15 di depan dan 225/50 R15 di belakang.

Sementara di balik peleknya ada kaliper rem besar dari AP Racing tipe Pro 5000R 4 piston untuk mengontrol laju dari tenaganya yang besar, dan suspensinya mengandalkan coilover ISX Type 2 sehingga bisa diatur baik tinggi rendah, hingga bantingannya.

Untuk mesin digarap oleh Progressive Motorsport, dibekali mesin Toyota 3S-GTE 4 silinder berkapasitas 2.000 cc DOHC turbocharged, untuk tenaga diperkirakan lebih dari 500 dk. Beberapa ubahan juga dilakukan untuk memaksimalkan tenaga dan mampu menahan tenaga besaranya.

Crankshaft tetap standar, porting polish 3 angle, klep pakai Supertech, pistonnya CP forged dan stang piston Eagle, bearing menggunakan ACL. Lalu camshafts Brian Crower (BC), hingga cam pulley HKS.

Baca Juga : Galeri XJ, Spesialis Jeep Restorasi Hingga Dijual

Suplai bensin disempurnakan dari injektor FIC 1.050cc, pompa Walbro 440lph. Knalpot model tubular manifold custom dan turbocharger Owen Developments GBT. Sementara intercooler dan sistem injeksi water metanol AEM ditambahkan untuk lebih membantu menekan detonasi. Sebagai finishing, seluruh pengaturan mesin dikelola ECU Haltech Elite 1500.

Tenaga yang dihasilkan disambung ke girbok Toyota W-series 5 percepatan, dan menggunakan kopling plat ganda dari Competition Clutch. Ditambahkan juga strutbar depan agar mobil lebih stabil pada kecepatan tinggi.

Bagian kabin, juga tidak lupa dimodifikasi, mulai dari roll cage 6 titik warna emas, lalu jok semi bucket Bride Stradia II TRD, setir Momo Prototipo C, beberapa panel serat karbon, dan beberapa gauges Defi demi memantau kondisi mesin.