POPULAR STORIES

Melihat Sherp ATV Di IIMS 2023, Kendaraan Buatan Ukraina Yang Dijual Rp 5 Miliar

Melihat Sherp ATV di IIMS 2023, Kendaraan Buatan Ukraina yang Dijual Rp 5 Miliar Sherp ATV di IIMS 2023 (foto : Rizky/KabarOto)

KabarOto.com – Saat pengunjung memasuki area Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, akan melihat dua unit mobil, bannya besar, pintunya ada di depan menyatu dengan kaca. Dengan ban besar, pintunya ada di depan. Mobil yang dibuat untuk meintasi segala medan jalan ini buatan Ukraina, bernama Sherp ATV (All-Terrain Vehicle). Bukan cuma dipajang, tapi dijual, harganya sekitar Rp 5 miliar.

Sherp ATV dibuat agar bisa melewati berbagai medan jalan, mulai berbatuan, rawa-rawa, air dan lumpur. Ini sangat cocok digunakan oleh pemerintahan atau perusahaan membuka lahan perkebunana atau pertanian, bahkan sangat mumpuni untuk membantu korban benjana banjir, tanah longsor atau banjir bandang.

Baca Juga : Sherp ATV Ramaikan IIMS 2023

Dua unit Sherp ATV yang hadir di IIMS 2023

Firzhi, Direktur Sherp Indonesia mengatakan, selama IIMS 2023, pihaknya menghadirkan dua unit Sherp ATV. "Salah satu unit untuk rescue (penyelamatan) dan transportasi, mampu menampung hingga delapan orang. "Dua unit ini kami jual dengan harga berbeda," terangnya.

Uniknya, saat kendaraan tidak digunakan, ban besarnya akan mengempis, dan jika akan digunakan angin akan diisi kembali secara otomatis. Sherp ATV dibekali unit Doosan 3 silinder, turbo diesel berkapasitas 1.800 cc, mampu menghasilkan tenaga 55 dk, torsinya 190 Nm.

Baca Juga : Begini Rasanya Mengendarai Wuling Alvez Di IIMS 2023

Untuk unit rescue sudah dibekali beberapa peralatan untuk misi penyelamatan

Tenaga tersebut disalurkan ke sistem 4x4 melalui transmisi manual 6 percepatan. Meski mesin dan tenaganya kecil, Sherp ATV mampu membawa beban 1,2 ton, dan menarik beban hingga 2,25 ton. Unit rescue dibanderol Rp 5,8 miliar, sementara Sherp ATV penumpang dijual dengan harga Rp 8,9 miliar.