Memasuki Musim Hujan, Siapkan 6 Hal Ini

Memasuki Musim Hujan, Siapkan 6 Hal Ini Chevrolet

KabarOto.com - Beberapa wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Hal ini dirasa lebih cepat jika dibandingkan dengan prediksi data BMKG, musim hujan akan mengguyur wilayah di Indonesia mulai Oktober hingga Desember. Sebaiknya, Sobat KabarOto juga lebih mempersiapkan kendaraan agar mendukung kenyamanan aktivitas.

"Berkendara saat musim hujan memerlukan perhatian lebih, khususnya terkait kesiapan kendaraan dalam melewati jalanan licin bahkan banjir," ujar Customer Care and Aftersales Service General Motors Indonesia Dadan Ramadhani.

Ada enam hal harus dicek sebelum memasuki musim hujan atau melintasi jalan tergenang air menurut Chevrolet. Pertama lakukan standar check-up, seperti wiper, tekanan ban, oli, mesin, hingga lampu.

Baca Juga: Bagian Ini Tempat Simpan Dongkrak Mobil, Siapkan Sebelum Mudik

Proses Spooring - Balancing (Foto: Deni/KO)

Kedua, periksa baterai atau aki dan kaki-kaki mobil. Baterai atau aki pada kendaraan merupakan salah satu komponen penting. Ketika berada di situasi hujan dan macet komponen ini harus tetap bergerak untuk menggerakkan berbagai fitur pada kendaraan. Misalnya lampu, wiper, AC, defogger, dan lainnya.

Jangan lupa mengecek kaki-kaki termasuk ban. Ketika musim hujan tiba, jalanan lebih sering basah dan licin. Sehingga ban yang digunakan harus baik agar terhindar dari aquaplaning atau hydroplaning. Sedia payung sebelum hujan, ada baiknya Sobat KabarOto menyiapkan ban cadangan dalam perjalanan.

Baca Juga: Lampu Mika Menguning, Begini Cara Mengatasinya

Contoh mika lampu menguning (Foto: Wandha/KO)

Ketiga, jaga jarak pandang saat berkendara ketika hujan. Mika lampu yang jernih menjadi hal yang sangat membantu karena penerangan akan lebih terjaga. Hasil cahaya yang dikeluarkan oleh lampu juga tidak mengganggu kendaraan lain.

Berbicara tentang fitur, pada poin keempat ini Sobat KabarOto diharapkan dapat memaksimalkan fitur yang ada pada kendaraan. Misalnya Lane Departure Warning, Forward Coallision Alert, Panic Brake Assist, Electronic Stability Control, dan Anti-Rolling Protection.

Baca Juga: Cek Fitur Standar Mobil Agar Mumpuni Hadapi Musim Hujan!

Adapun fitur lainnya yaitu Hill Descent Control (HDC) dan Hill Start Assist (HSA), yang membantu pengendara ketika berada di jalan menanjak atau menurun.

Hill Start Assist (HSA) (Foto: Wandha/KO)

Kelima, Sobat KabarOto juga harus melatih kesabaran ketika berkendara di tengah hujan. Pasalnya, lalu lintas ketika hujan akan lebih padat, tidak jarang hingga terjadi kemacetan. Fitur hiburan di kendaraan bisa jadi salah satu solusi tepat mengusir kebosanan.

Terakhir, gunakan aksesori yang membantu saat musim hujan. Misalnya talang air (side visor), boot tray untuk menjaga barang bawaan agar tetap pada tempatnya, anti slip pedal agar tidak licin, dan karpet karet. Jangan lupa untuk siapkan payung atau peralatan lainnya untuk digunakan saat turun dari mobil.