Membelah Jakarta Dengan Soib Racer

Membelah Jakarta dengan Soib Racer Tester KabarOto sedang mencoba Motor SOIB 400cc (Foto: Bimo Hariyadi/KabarOto)

KabarOto berkesempatan membawa sebuah motor klasik yang unik dengan engine 400cc. Membelah Jakarta dengan SOIB Racer 400cc sangat elegan dengan speed yang cukup mumpuni bisa disesuaikan dengan kondisi jalan. Satu hari KabarOto datang ke sebuah showroom motor bernama Hobby motor di jalan Sultan Iskandarsyah, Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan. Di dalam showroom yang cukup besar itu terpajang puluhan motor dengan berbagai model, mulai dari sport, klasik, hingga mini sport yang semua modelnya unik.

Namun perhatian KabarOto saat itu tertuju pada sebuah motor yang diparkir persis disamping pintu masuk showroom. Motor dengan design klasik berwarna hitam itu terlihat gagah. Walau klasik namun motor ini memiliki kesan sporty. Shock depan yang tinggi, dengan spion besi bulat dan panjang serta tangki oval menambah kesan stylish. Jok santai namun elegan siap menahan duduk sang pengemudi. Dua buah knalpot yang ada pada kanan dan kiri sasis terlihat seperti motor dengan mesin yang cukup besar. Dialasi dengan ban besar kembang besar terlihat gahar seakan  mampu mencengkram aspal dalam segala kondisi.

Seorang pegawai bernawa Willys menghampiri KabarOto memberikan kunci dan menandatangani sebuah surat peminjaman. "Ini kuncinya mas, silakan coba," ungkap Willys.

Kabaroto pun tak sabar menunggangi si kuda besi ini. Begitu kunci dalam posisi start engine pun menyala dan suara gahar terdengar dari dua knalpotnya. Kabaroto pun langsung keluar showroom untuk menjajal motor ini di jalan raya. Perhatian orang tertuju pada motor ini. Gigi satu mampu masuk hingga 60km/jam masuk gigi dua badan terasa tersentak dan terbawa kebelakang hingga gigi tiga pun bisa mencapai 100km/jam.

Dengan berat 150kg motor ini sangat mudah dikendarai dan lincah untuk bermanufer. Gas yang tersisa di kecepatan 100km/jam membuat kabaroto ingin menambah hingga 120 bahkan diatasnya. Namun kemacetan yang menghiasi Jakarta tak bisa membawa untuk kebih dari 100km/jam. Menghadapi situasi jalan yang macet, motor ini mampu melintasi jalur kecil bisa melewati sela-sela mobil dengan jarak renggang 1 meter. Body 150kg tidak terasa berat.

Motor ini menggunakan suspensi depan telescopic dan suspensi belakang double shock yang bisa distel kekerasannya. Soib Racer 400cc ini memiliki suspensi belakang yang cukup keras. Sedangkan suspensi depan cukup. Overall, suspensi motor ini cukup nyaman untuk penggunaan harian dan cocok untuk jalan aspal. pengereman, cakram depan dan tromol belakang, sudah lebih dari cukup untuk membantu meredam laju motor ini. Cukup pakam untuk menjaga keselamatan penunggangnya.

Spesification:

Engine
Tipe mesin : 1 silinder, 185YMQ, oil-cooled, 4-stroke, balance shaft
Kapasitas mesin : 397,2 cc
Bore x stroke : 85 x 70 mm
Rasio kompresi : 8,8:1
Power maksimum : 19,5 kW / 7.500 rpm
Torsi maksimum : 30 Nm / 5.500 rpm
Sistem bahan bakar : karburator
Pelumasan : pressure, splash
Tipe kopling : manual, multiple wer clutch
Ignition : CDI
Sistem starter : elektrik
Transmisi : 5-speed

Chassis
Rem depan : disc brake
Rem belakang : teromol
Spidometer : full analog
Ban depan : 90/90-19
Ban belakang : 110/80-18

Dimensions
P x L x T : 2130 x 760 x 1130 mm
Seat height : 790 mm
Wheelbase : 1420 mm
Ground clearence : 160 mm
Berat : 150 kg
Oli mesin : 1,8 L
Kapasitas tangki bensin : 13 L

Baca juga: