POPULAR STORIES

Membersihkan Kaca Mobil Jangan Asal, Ini Caranya

Membersihkan Kaca Mobil Jangan Asal, Ini Caranya Kegiatan membersihkan kaca mobil bisa dibilang relatif mudah jika tahu caranya (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Kegiatan membersihkan kaca mobil bisa dibilang relatif mudah jika tahu caranya. Sebaliknya, jika salah teknik membersihkannya, maka hal itu akan membuat kaca jadi tergores.

Jika kaca tergores, maka visibilitas pengemudi akan jadi terganggu. Belum lagi jika terkena cahaya dari arah berlawanan, maka hal itu juga bisa lebih bermasalah.

Menurut Surya Halim Nugroho, pemilik car detailing Otospa di bilangan Cimone, Tangerang, ada beberapa cara atau teknik membersihkan kaca mobil yang baik dan benar. Dan berikut cara membershikan kaca jendela mobil dari luar:

Pertama, sebelum mencuci kaca jendela, ada baiknya membersihkan terlebih dahulu mobil Anda. Hal ini bisa dilakukan karena Anda akan membuang sebanyak mungkin kotoran yang ada termasuk pada bagian bodi. Hal itu akan memudahkan saat membersihkan kaca jendela.

Baca Juga: Mau Door Trim Mobilmu Awet? Ini Resepnya

Kedua, semprotkan secara langsung cairan pembersih mengarah ke kaca jendela. Dengan cara menyemprotkan secara langsung, hal ini akan membantu mempermudah melarutkan kotoran atau hewan-hewan kecil yang menempel.

"Saat membersihkan kaca, jangan meninggalkannya, sehingga cairan yang menempel tidak lekas kering," ujar pria 2 anak itu.

Ketiga, gunakan kain microfiber, kain ini memang sangat halus, selain itu kain ini dapat menghilangkan serangga dan kotoran dari luar jendela, namun tetap tidak meninggalkan goresan.

"Hanya saja dipastikan lebih dulu, kain microfiber yang digunakan sebelumnya belum pernah dipakai untuk mengelap bodi atau kaca bagian dalam," imbuhnya.

Keempat, lakukan pengelapan dengan pola vertikal, lalu setelah itu horizontal. Membersihkan kaca mobil bagian luar juga bisa dilakukan dengan naik turun, kemudian sisi ke sisi sama seperti membersihkan jendela dalam.

Hanya saja yang membedakannya membersihkan bagian luar adalah saat mengelap perlu lebih banyak tekanan.