POPULAR STORIES

Memilih Karpet Mobil Enggak Bisa Asal-asalan, Bisa Picu Kecelakaan

Memilih Karpet Mobil Enggak Bisa Asal-asalan, Bisa Picu Kecelakaan Karpet mobil (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Mengganti karpet mobil dengan produk aftermarket jadi salah satu pilihan dari pemilik kendaraan. Namun pemilik kendaraan harus waspada, karena salah dalam memilih karpet bisa menimbulkan risiko, khususnya karpet di lantai pengemudi. Pedal gas bisa tersangkut di karpet dan membuat mobil bisa melaju tanpa kontrol.

Bahaya Asal Beli Karpet Mobil

Membeli karpet mobil tanpa mempertimbangkan aspek keamanan berkendara bisa menimbulkan masalah. Yang paling sering terjadi dan sangat berbahaya adalah karpet mobil tambahan justru membuat pedal-pedal mobil tidak dapat bergerak bebas sesuai peruntukannya. Umumnya terjadi karena karpet mobil terlalu tebal atau jenis universal untuk semua model mobil sehingga tidak sesuai dengan desain pedal-pedal mobil.

Akibatnya, ketika pedal gas atau rem diinjak malah terjerat karpet mobil. Hal ini tentu sangat berbahaya karena mobil bisa berhenti mendadak kalau pedal rem tersangkut. Bahaya jauh lebih besar adalah ketika pedal gas yang tersangkut, karena dapat membuat putaran mesin tertahan di rpm tinggi, yang berakibat mobil tidak dapat dikendalikan sehingga memicu kecelakaan.

Karpet mobil (Foto: KabarOto)

Pilih Karpet Mobil Sesuai Standar Safety

Melihat risiko yang mungkin terjadi di atas, disarankan kepada pemilik mobil untuk melakukan pengukuran sendiri alias custom karpet mobil sesuai dengan desain dan ukuran kabin, supaya lebih presisi. Namun umumnya harga karpet mobil jenis ini lebih mahal ketimbang produk siap pakai.

Jangan paksakan membeli karpet untuk kendaraan yang berbeda, atau jenis universal. Mengingat, ada risiko desainnya tidak sesuai kebutuhan mobil.

Bagian pedal-pedal di sisi pengemudi juga perlu mendapat perhatian lebuih. Pastikan ketebalan dan desain karpet mobil tidak mengganggu pergerakan pedal-pedal. Memang karpet tebal memberikan rasa lebih nyaman dan berkelas, namun risiko tersangkut pedal juga besar. Selain itu, pastikan karpet dilengkapi pengunci atau perekat yang kuat agar karpet tidak bergerak saat kendaraan berjalan lantaran berpotensi terkena pedal-pedal.

Baca juga: Karpet Mobil Trapo Ada Diskon Menarik Di IIMS 2022

Periksa apakah tersedia landasan karet pada bagian kaki, khususnya pengemudi supaya tidak mudah selip sehingga mengganggu pergerakan kaki dan tidak cepat rusak karena tergesek sepatu.

Pilih pula bahan karpet mobil yang tidak licin sehingga alas kaki tidak mudah terpeleset karena akan membahayakan gerakan pengemudi dan penumpang mobil. Terakhir, karpet mobil harus mudah dibersihkan dari berbagai kotoran untuk menjaga kebersihan kabin.