POPULAR STORIES

Meminimalisir Gejala Limbung Pada Mobil, Pasang Ini Sob

Meminimalisir Gejala Limbung Pada Mobil, Pasang Ini Sob Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Mobil baru di masa sekarang memang sengaja dibuat nyaman, bantingannya pun empuk sehingga penumpang bisa menikmati perjalanan lebih tenang.

Namun hal itu sebenarnya mengorbankan sisi lain yakni kestabilan. Mobil yang bantingannya empuk cenderung tidak stabil saat kecepatan tinggi, atau bermanuver. Sementara mobil stabil, suspensinya cenderung keras dan kurang nyaman.

Baca Juga : Mau Ganti Knalpot Racing Mobil? Perhatikan Hal Ini Sob

Stabilizer dari bagian bawah.

Oleh karena itu biasanya pabrikan menambahkan lagi alat bernama stabilizer bar yang berguna mengurangi gejala body roll atau limbung tersebut. Namun memang tidak semua pabrikan, oleh karenanya ada produk stabilizer bar aftermarket yang dapat ditambahkan nih untuk mobil Sobat KabarOto.

"Gejala body roll, jika body roll berkurang itu artinya meningkatkan handling, dan kestabilan mobil saat kecepatan tinggi,” jelas Christopher Prakoso, Owner Professional Motorsports selaku distributor resmi Ultra Racing.

Produk stabilizer bar sudah menentukan titik terpasangnya, di mana titik tersebut memang yang paling banyak mengalami pergerakkan saat mobil bermanuver atau melewati jalan bergelombang.

Baca Juga : Tindakan Yang Bisa Dilakukan Untuk Cegah Kerusakan AC Mobil Sejak Dini

Ada beberapa titik stabilizer bar yang dapat dipasang dalam sebuah mobil. Paling umum adalah strutbar terpasang di bagian atas sokbreker terhubung ke dari kanan ke kiri, serta bisa dipasang baik depan atau belakang. Lalu anti roll menghubungkan bagian suspensi belakang agar tidak terlalu banyak pergerakkan, serta banyak lainnya.