POPULAR STORIES

Memori Kendaraan Umum Jadul

Memori Kendaraan Umum Jadul Oplet ini merupakan kendaraan umum jadul yang kini keberadaannya sudah tak terlihat lagi (Foto: Istimewa)

Kendaraan umum zaman sekarang merupakan mobil yang mempergunakan teknologi canggih. Ada juga diluar negeri kendaraan umum tersebut tapa pengemudi alias kendaraan umum otonom. Namun semua kecanggihan tersebut tidak luput dari mobil dan motor kendaraan jadul. Inilah memori kendaraan jadul angkutan umum yang mungkin saja Bro and Sist lupakan.

Bemo
Masih ingatkah dengan Bemo? Bemo merupakan kendaraan roda tiga yang diperuntukan untuk umum. Seperti yang diingat dan diketahui adalah kendaraan ini sebenarnya tak lain sama dengan kendaraan angkutan kota (angkot) zaman sekarang ini. Namun yang perlu di ingat adalah trayeknya yang sangat pendek. Kini, kendaraan ini masih saja bisa dilihat di seputaran Benhil-Tanah Abang. Dan ada juga Bemo yang bertrayek di sekitar Manggarai-RSCM dan Manggarai. Bemo itu hanya sedikit kini keberadaannya.


Oplet
Bro and Sist masih ingat dengan sinetron televisi yang berjudul Si Doel Anak Sekolahan? Di sinetron tersebut adanya kendaraan oplet yang dikendarai oleh Mandra. Oplet ini fungsinya sama dengan angkot. Oplet merupakan generasi pertama. Uniknya langit-langit oplet ini terbuat drai kayu jati. Mobil yang menggunakan basis Morris Minor Traveller ini sudah jarang terlihat di seputaran Jakarta.


Helicak
Helicak? Pernahkah Bro and Sist dengar atau mungkin Helicak menjadi kendaraan kenangan Bro and Sist tempo doeloe. Iya, pastinya, Bro and Sist yang kini sudah berusia baya, mengetahui helicak. Helicak merupakan becak bermotor dengan menggunakan basis motor Lambretta pada tahun 80. Nah, yang menjadi pertanyaan kenapa dinamai Helicak? Pasalnya sih bentuknya yang mirip sama helikopter. Tetapi kini transportasi ini mulai tergusur di tahun 90 an awal.

Caption


Bajaj Tiga Roda
Sebagai taksi tiga roda dari India, Bajaj dikenal sebagai kendaraan dengan mesin bandel dan tahan lama. Wajar sebab basis model dari Bajaj adalah Piaggio Ape dari Italia yang cukup terkenal ketahanannya. Sekarang ini bajaj berwarna merah masih terlihat keberadaannya walaupun bisa dihitung. Kini bajaj merah yang dilengkapi dengan tiga roda ini sudah tergusur dengan bajaj biru yang mengonsumsi Bahan Bakar Gas (BBG).

Bus Tingkat
Tentunya Bro and Sist sudah mengenal bus tingkat. Yang menjadi memori, bahwa bus tingkat pada zaman dahulu menjadi angkutan umum yang banyak diminati oleh masyarakat. Yang uniknya lagi, bus tingkat ini tidak mempunyai kondektur. Lalu bagaimana dengan ongkosnya? Disamping pengemudi terdapat kotak ongkos. Tahun 2000 bus tingkat sempat punah namun di tahun 2014 bus tingkat kembali dibangkitkan sebagai bus pariwisata untuk mengelilingi Jakarta Pusat. Itulah beberapa memori kendaraan umum jadul. Mungkinkah Bro and Sist mempunyai memori dengan kendaraan umum jadul tersebut?

Inilah bus tingkat yang menjadi favorit angkutan umum (Foto: Istimewa)

Baca Juga: