POPULAR STORIES

Memudahkan Penggunaan Motor Listrik, Piaggio Group Ikut Konsorsium

Memudahkan Penggunaan Motor Listrik, Piaggio Group Ikut Konsorsium Motor listrik Vespa Elettrica

KabarOto.com - Piaggio Group (PIA.MI) mengumumkan bahwa perusahaan telah menandatangani surat kesepakatan dengan KTM AG, Honda Motor Co.,Ltd, dan Yamaha Motor Co., Ltd,. Direncanakan dalam mempersiapkan konsorsium baterai swap untuk sepeda motor dan kendaraan listrik ringan.

Pada pertemuan Paris Climate Agreement dan transisi terhadap elektromobilitas, para anggota pendiri konsorsium percaya bahwa ketersediaan terhadap sistem standar baterai yang dapat ditukar (swap).

Baca Juga: Piaggio Indonesia Belum Siap Bawa Vespa Listrik

Hal tersebut dinilai dapat mempromosikan perluasan kegunaan kendaraan listrik ringan, sekaligus berkontribusi kepada siklus pengelolaan baterai yang lebih mumpuni untuk digunakan dalam sektor transportasi.

Keuntungannya dapat memperluas jangkauan, mempersingkat waktu pengisian dan menurunkan biaya kendaraan dan infrastruktur, para produsen berusaha menjawab kekhawatiran utama para pelanggan mengenai masa depan elektromobilitas.

Baterai Honda PCX Electric yang mudah dilepas pasang

Tujuan konsorsium ini adalah untuk mendefinisikan standar spesifikasi sistem baterai yang dapat ditukar untuk kendaraaan yang masuk ke dalam kategori-L yakni moped, sepeda motor, sepeda tiga roda dan sepeda empat roda.

Aktivitas Konsorsium akan dimulai pada Mei 2021. Michele Colaninno selaku Piaggio Group Chief of strategy and product sangat menyambut positif atas kerjasama ini.

Baca Juga: 4 Pabrikan Motor ini Sepakat Bangun Konsorsium Baterai Motor Listrik

"Akhirnya, standar internasional untuk sistem baterai yang dapat ditukar akan membuat teknologi ini efisien dan sesuai dengan kebutuhan konsumen," ujarnya.

Dirinya menambahkan kerja sama yang lebih kuat antara produsen dan institusi akan memungkinkan industri ini untuk memberikan respon lebih baik lagi terhadap tantangan utama masa depan mobilitas.