Menang Di COTA, Max Verstappen Lebarkan Jarak Poin Dengan Lewis Hamilton

Menang di COTA, Max Verstappen Lebarkan Jarak Poin dengan Lewis Hamilton Sumber: Formula 1 dan Red Bull Racing

KabarOto.com - Max Vertappen (Red Bull Racing) menjadi pemegang pole position di balapan Formula 1 yang berlangsung di Circuit of The Americans (COTA) Austin, Texas, Amerika Serikat, hingga akhirnya ia memenangkan balapan yang berlangsung ketat tersebut.

Memulai dari pole position ternyata tidak menjadi jaminan langsung memimpin, Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas) memulai start dari posisi kedua di grid, Hamilton menikmati start yang luar biasa saat lampu padam di Austin, dan meskipun Verstappen menekannya sejauh mungkin di bagian dalam hingga run-up ke tikungan 1, pembalap Inggris itu memperoleh posisi terdepan dari pembalap Belanda itu menjadi memimpin masuk ke tikungan pertama.

Sergio Perez (Red Bull Racing) atau kerap dipanggil Checo, mulai dari posisi ketiga, mengikuti kedua pembalap di depannya. Di bawah terik matahari di Texas, pembalap dan tim beradu strategi pit stop. Ini menjadi kunci kemenangan Verstappen yang akhirnya berhasil menyelesaikan lomba di posisi pertama.

Baca juga: Hasil F1 Amerika Serikat, Duet Red Bull Racing Raih 3 Besar

Verstappen raih podium ke-200 Red Bull Racing

Pit stop kedua terjadi ketika Verstappen masuk pada Lap 29 untuk mengganti ban kompon keras, rekan setimnya Perez mengikuti, sementara Hamilton tetap melaju demi mempertahankan keunggulan 16 detik atas Verstappen.

Dengan keunggulan 11,5 detik, Hamilton pada Lap 37 masuk pit dan kembali berada di urutan kedua dengan ban kompon keras. Kali ini 8,8 detik di belakang Verstappen, berusaha mengejar pembalap belanda yang mulai kehabisan traksi akibat ban yang mulai aus.

Pada lap terakhir Hamilton memiliki DRS untuk mengejar Verstappen, namun pembalap 24 tahun itu menemukan kecepatan yang cukup pada ban kompon kerasnya yang aus, dan meraih kemenangan dengan selisih 1,3 detik. Christian Horner sebagai Kepala Tim Red Bull Racing menyebutnya sebagai tampilan "berkelas" Verstappen.

Verstappen dan Perez konsisten membuktikan keunggulan terobosan baru pelumas mesin yang dikembangkan oleh Mobil 1 bekerja sama dengan Honda Research & Development dan Red Bull Racing.

Baca juga: Intip Gaji Pit Crew Tim Formula 1, Ternyata Mantap!

“Selamat kepada Max dan Checo untuk podium ganda yang berhasil diraih, posisi klasemen juara dunia juga terus dipertahankan, prestasi ini membuat para konsumen kami di Indonesia bangga semakin yakin menggunakan dan membuktikan keunggulan pelumas Mobil 1," ungkap Pablo Conrad selaku Marketing Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia.

Verstappen menambahkan, ini merupakan balapan yang menarik dan rasanya luar biasa untuk menang di sini di depan semua penggemar. Tekanan ada di sepanjang balapan dan tidak tahu seberapa cepat Lewis akan mengejar. "Kami benar-benar memberikan segalanya hari ini sebagai sebuah tim dan sangat menyenangkan memiliki Checo di sana bersama saya di podium,” tambah Verstappen.

Rommy Averdy Saat selaku Mobil Consumer Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia juga menyampaikan apresiasi atas pencapaian podium tim Red Bull Racing di Amerika Serikat. Kemenangan ini tentunya menjadi motivasi bagi Verstappen dan Checo untuk melanjutkan sisa lima seri balapan dengan perayaan di podium.

"Kami mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk membuktikan keunggulan produk Mobil 1 dan Mobil pada kendaraan Anda. Produk-produk tersebut tersedia di pasar Indonesia seperti rangkaian produk pelumas Mobil 1 dan Mobil Super," sebut Rommy.

Baca juga: Daftar Juara Dunia Formula 1 Dari 1950 Hingga 2020

Perez rebut tempat ketiga di COTA bukti keunggulan pelumas mesin Mobil 1

Sebagai informasi, tahun ini pelumas Mobil 1 telah hadirkan 3 varian baru yakni Mobil Super All in One Protection, Mobil Super Friction Fighter dan Mobil Super Everyday Protection. Masing-masing memiliki keunggulan, Mobil Super All in One Protection berteknologi full synthetic yang dilengkapi Heat Activated Anti-wear Molecules, Mobil Super Friction Fighter dengan lapisan Friction Fighter Molecules dapat melindungi mesin dari keausan, dan Mobil Super Everyday Protection dengan Extengine Molecules memberikan perlindungan ekstra agar mesin awet untuk jangka panjang.

Kembali ke F1 2021, Sergio Perez mendapat sambutan yang meriah di COTA, tetapi ada lebih banyak lagi yang menantinya sebagai balapan kandang di Meksiko. Red Bull Racing meraih podium ke-200 dan kemenangan seri balapan ke-73 di COTA berkat Max Verstappen. Pembalap Belanda itu memimpin Lewis Hamliton dengan 12 poin dalam kejuaraan pembalap, selanjutnya ia tetap harus meraih kemenangan seri selanjutnya di Mexico City.

Klasemen sementara pembalap F1 2021

Posisi

Pembalap

Asal

Tim F1

Poin

1

Max Verstappen

Belanda

Red Bull Racing - Honda

287.5

2

Lewis Hamilton

Inggris

Mercedes-AMG Petronas - Mercedes

275.5

3

Valtteri Bottas

Finlandia

Mercedes-AMG Petronas - Mercedes

185

4

Sergio Perez

Meksiko

Red Bull Racing - Honda

150

5

Lando Noris

Inggris

McLaren - Mercedes

149

6

Charles Leclrec

Monako

Scuderia Ferrari

128

7

Carlos Sainz Jr

Spanyol

Scuderia Ferrari

122,5

8

Daniel Ricciardo

Australia

McLaren - Mercedes

105

9

Pierre Gasly

Prancis

AlphaTauri - Honda

74

10

Fernando Alonso

Spanyol

Alpine - Renault

58