POPULAR STORIES

Mencari Murid Dan Guru SMK Terbaik Lewat Honda Skill Contest

Mencari Murid dan Guru SMK Terbaik Lewat Honda Skill Contest

KabarOto.com - PT Astra Honda Motor (AHM) mencari siswa dan guru SMK terbaik melalui Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School. Bersama 27 jaringan main dealernya di 34 Provinsi, AHM mulai membuka seleksi siswa dan guru berprestasi di bidang vokasi otomotif roda dua.

Seleksi akan dilaksanakan di 693 SMK yang mengimplementasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di seluruh Indonesia. Seleksi dimulai untuk siswa yang saat ini berada di kelas XI dan guru yang terdaftar di SMK mitra binaan AHM.

Baca Juga: Sekolah Vokasi Industri AHM Hadir Di Seluruh Provinsi

Mereka akan melalui berbagai tahap seleksi di tingkat sekolah sebelum nanti maju ke tingkat regional. Jika berhasil menjadi yang terbaik di tingkat regional, para peserta akan dipilih sebagai wakil provinsinya dalam kompetisi puncak tingkat nasional yang akan digelar AHM pada semester II tahun ini.

siswa akan ditantang untuk mengikuti ujian tertulis, praktek, dan trouble shooting

Tahap seleksi di tingkat sekolah dan regional, siswa akan ditantang untuk mengikuti ujian tertulis, praktek, dan trouble shooting untuk mengetahui kemampuan mereka dalam menganalisa serta menyelesaikan permasalahan pada sepeda motor Honda. Di tahap ini, para siswa diuji berdasarkan penguasaan mereka atas materi kurikulum TBSM Astra Honda yang dipelajari pada semester 1-4.

Sementara itu, guru-guru yang ikut dalam kegiatan ini mereka sudah memiliki sertifikat Uji Kompetensi Guru minimal level Bronze. Semua diuji berdasarkan pemahaman modul dasar dan modul lanjutan yang diberikan oleh AHM kepada setiap SMK mitra binaan.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan AHSC for Vocational School merupakan bagian dari upaya AHM untuk berkontribusi menciptakan SDM unggul melalui pendidikan vokasi di Indonesia.

Peserta akan diuji mengatasi motor yang bermasalah

“Kami berharap ajang kompetisi yang memasuki tahun ke 11 ini dapat membantu menyiapkan generasi muda yang siap bersaing menghadapi perkembangan teknologi industri sepeda motor nasional, serta para tenaga ajar yang mumpuni dan berkualitas di 693 SMK mitra binaan yang tersebar di 34 provinsi di Tanah Air,” ujar Muhibbuddin.

Para peserta juga diuji pengetahuan terkait teknologi teranyar Honda yang dapat diakses melalui portal online e-Learning yang dapat diakses melalui Edukasi Satu Hati. Portal e-learning ini selalu dikembangkan dan diperbaharui secara berkala oleh tim AHM sesuai dengan perkembangan isu, produk dan teknologi terkini.

Baca Juga: AHM Kembangkan Pendidikan Vokasi SMK

Hal ini dilakukan untuk menjembatani “link & match” dunia usaha dan dunia industri yang mampu menciptakan SDM unggul. AHM menggelar kompetisi ini untuk mengukur dan mengetahui penguasaan materi ajar yang sudah disampaikan di SMK mitra binaan.