POPULAR STORIES

Mencari SDM Unggul Lewat Astra Honda Skill Contest

Mencari SDM Unggul Lewat Astra Honda Skill Contest Tahun ini kompetisi diikuti oleh 23.371 siswa dan 422 guru dari total 686 SMK

KabarOto.com - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali mengadakan Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2019. Kompetisi yang sudah digelar 10 kali ini untuk menguji keterampilan siswa serta para guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mitra binaan.

Dengan kompetisi ini, diharapkan lahir sumber daya manusia (SDM) unggul, yang siap berkontribusi memajukan pendidikan vokasi sekaligus siap berkompetisi di dunia industri.

Dalam menggelar kompetisi ini, AHM bekerja sama dengan 27 jaringan main dealer sepeda motor Honda di 34 provinsi di Indonesia. Berbeda dengan tahun sebelumnya, AHM memperluas kategori peserta dengan menyelenggarakan kompetisi khusus guru SMK.

Praktek di Astra Honda Skill Contest 2019

Baca Juga: Mencari Siswa SMK Terbaik Di Astra Honda Skill Contest

Tahun ini, kompetisi diikuti 23.371 siswa dan 422 guru dari total 686 SMK yang telah mengimplementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di seluruh Tanah Air.

Sebelumnya dilakukan penyaringan dengan mengikuti kompetisi uji kompetensi mulai dari tingkat sekolah, berlanjut ke jenjang regional diadakan oleh main dealer sepeda motor Honda pada periode Januari-Agustus 2019.

Setelah disaring, dipilih 40 siswa dan 27 guru terbaik perwakilan dari 27 main dealer sepeda motor Honda berkompetisi di tingkat nasional.

Peserta yang lolos ini mengikuti tahap pengujian secara tertulis dan praktek.

Di Jakarta, para peserta yang lolos akan mengikuti tahap pengujian secara tertulis dan praktek. Pada ujian tertulis, peserta diuji pengetahuan para siswa dan guru terkait teknologi teranyar sepeda motor Honda.

Para peserta juga diuji secara praktek untuk keterampilan dalam menganalisa teknik permasalahan terkait mesin, rangka, kelistrikan, serta trouble shooting sepeda motor Honda. Khusus untuk kompetisi yang diikuti oleh guru, ada materi uji kompetensi peda gogik yang menjadi salah satu materi penilaian saat kompetisi.

Ahmad Muhibbuddin, General Manager Corporate Communication AHM mengatakan, kompetisi ini merupakan salah satu upaya pendekatan komprehensif AHM dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di industri roda dua.

Baca Juga: Berikan Layanan Terbaik, Astra Honda Motor Sabet 4 Penghargaan Tertinggi

“Kami berharap, dengan program ini akan lahir SDM unggul yang berdaya saing, baik untuk bekerja di industri atau menjadi wirausaha mandiri,” ujarnya di AHM Training Center, Sunter Jakarta Utara.