Mencoba Jalan Tol Pamulang Ciputat Sepanjang 6,5 Km

Mencoba Jalan Tol Pamulang Ciputat Sepanjang 6,5 Km Gerbang Tol Pamulang

KabarOtocom - Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi I, yang menghubungkan Serpong sampai Pamulang dengan panjang 6,5 km mulai dibuka untuk umum. Pengelola jalan tol akan menguji coba selama dua minggu. Warga yang melintas di jalan ini gratis, belum dikenakan biaya.

KabarOto.com berkesempatan menjajal tol ini, melalui Pintu Pamulang, tepatnya di jalan RE Martadinata, Tangerang Selatan. Saat hendak masuk ke pintu tol, puluhan mobil sudah mengantri, mereka nampak ingin menjajal jalan tol baru ini juga.

Baca Juga: Baru Diresmikan Jokowi, Jalan Tol Di Pamulang Mulai Beroperasi Besok

Usai melewati pintu tol, gas pun langsung ditancap. Jalannya kebanyakan masih dominasi beton semen, ada beberapa yang diaspal. Setiap sambungan yang dilapisi aspal ketika melintasi sambungannya masih ada bunyi, namun tidak terlalu mengganggu, meski laju kendaraan di 60 kpj.

KabarOto saat mencoba tol baru ini menggunakan Toyota Avanza tahun 2011 tipe E. Ketika memasuki kecepatan 80-100 kpj, suara ban yang melewati berbagai sambungan beton, tak begitu keras terdengar hingga kabin.

Jalan dilapisi semen dan aspal

Beberapa penunjuk arah yang ada di jalan ini sangat informatif. Kekhawatiran akan perilaku warga sekitar terhadap pengguna jalan tol hilang, karena pengelola membatasi pemukiman warga dan jalan dengan pagar kawat juga beton bersusun.

Sayangnya, saat pengujian kami tidak bisa memaksimalkan alat penghitung desibel, karena berbarengan dengan rintik hujan. Sehingga suaranya terlalu tinggi dan kami lebih menilai secara subyektif, masih nyaman selama melaju, begitupula hingga melaju konstan di 80-100 kpj.

Sampai di ujung jalan, tepatnya di Serpong, kami pun kembali masuk ke jalan tol ini, hingga keluar kembali di pintu tol Pamulang, Jalan RE Maradinata Cipayung, Ciputat. Namun sayang, saat keluar tol, kemacetan pun terjadi.

Baca Juga: Viral Uji Coba RFID Di Jalan Tol, Ini Tanggapan Jasa Marga

Karena, Traffic Light belum berfungsi, banyak pengendara seenaknya berbelok dan tak sabar menunggu, mengakibatkan kemacetan cukup parah dari arah Gaplek dan Ciputat. Sehingga kami yang ingin keluar jalan tol pun tersendat cukup lama.