POPULAR STORIES

Viral Uji Coba RFID Di Jalan Tol, Ini Tanggapan Jasa Marga

Viral Uji Coba RFID di Jalan Tol, Ini Tanggapan Jasa Marga

KabarOto.com – Terkait video yang viral di media sosial mengenai touch less transaction di jalan tol. Pihak Jasa Marga menjelaskan kedua video tersebut tidak berhubungan satu dengan lainnya.

Video pertama memperlihatkan uji coba kendaraan melintas di gerbang tol dengan fasilitas touch-less transaction. Video tersebut tidak terjadi di wilayah Jasa Marga, namun terjadi di wilayah BUJT lain, diluar Jasa Marga Group.

Sementara itu, video kedua merupakan pemasangan stiker RFID di head lamp yang dikonfirmasi terjadi di wilayah Jasa Marga yang tengah melakukan “Uji Coba Terbatas” Let it Flo (aplikasi solusi touch-less transaction Single Lane Free Flow-SLFF, berbasis teknologi RFID) yang saat ini sedang dikembangkan oleh PT Jasamarga Tollroad Operator, selaku Anak Perusahaan Jasa Marga.

Baca Juga : Tak Hanya Kurangi Pelanggaran Lalin, Tilang Elektronik Cegah Penularan Covid-19

Corcomm Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan bahwa antusiasme masyarakat dalam penerapan teknologi digital di jalan tol, sehingga kedua video tersebut viral.

“Kami telah mengembangkan uji coba berbagai teknologi dalam touch-less transaction di jalan tol, bahkan sejak sebelum berlakunya elektronifikasi di jalan tol tahun 2017,” ungkap Heru.

Baca Juga : Tilang Elektronik Tetap Berlaku Saat PSBB Di Jakarta

Saat ini, uji coba ini masih berlangsung untuk kalangan internal dan eksternal, seperti perusahaan BUMN dan beberapa komunitas otomotif.

“Selanjutnya dapat kami sampaikan, bahwa yang kami lakukan saat ini, hanya sebatas uji coba yang lingkupnya masih terbatas, dan tidak komersial,” pungkas Heru.