POPULAR STORIES

Tak Hanya Kurangi Pelanggaran Lalin, Tilang Elektronik Cegah Penularan Covid-19

Tak Hanya Kurangi Pelanggaran Lalin, Tilang Elektronik Cegah Penularan Covid-19 Kamera yang merekam pelanggaran lalu lintas

KabarOto.com - Tilang elektronik atau yang biasa disebut Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), menjadi salah satu penindakan yang dilakukan Polda Metro Jaya, untuk pengguna jalan raya yang melanggar aturan lalu lintas. Penindakannya, menggunakan kamera pengawas yang akan merekam semua mobil.

Berbagai jenis pelanggaran terlihat, mulai dari menerobos lampu merah, menggunakan telepon genggam saat berkendara, tidak menggunakan helm untuk pengendara motor bahkan tidak menggunakan sabuk pengaman untuk pengendara mobil.

Baca Juga: ETLE Akan Tekan Penyebab Kecelakaan Di Jalan Raya

Polda Metro Jaya mengungkapkan, penerapan tilang elektronik di Provinsi DKI Jakarta efektif menekan pelanggaran lalu lintas. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo bahkan mengatakan, ETLE ini juga bisa memutus penyebaran Covid-19.



ETLE mengurangi interaksi antara petugas dan masyarakat, sehingga resiko tertular sangat kecil. "Dari segi transparansi ini luar biasa karena menghilangkan proses negosiasi dan sebagainya antara petugas dan masyarakat," terang Sambodo.

Dirinya menegaskan, dikarenakan tidak ada pertemuan antara petugas dan masyarakat, jadi penindakan ini menurutnya bisa meningkatkan akuntabilitas Polri.

Lalu berapa banyak dalam satu hari pengguna jalan yang melanggar dan terekam kamera? Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan, ada 300-an pelanggar setiap harinya di beberapa wilayah terekam kamera.

Menurut dia pelanggar kebanyakan tidak menggunakan sabuk keselamatan, menggunakan telepon genggam saat menyetir dan menerobos lampu merah. "Pelanggar akan dikirimkan surat konfirmasi, kemudian baru ditilang," terang Fahri.

Baca Juga: Pengembangan Tahap 3, Kamera ETLE Bakal Ditambah 60 Unit?

Dengan adanya ETLE ini menurut Fahri, kesadaran masyarakat mulai meningkat. Mereka lebih tertib berlalu lintas. "Memang masih saja ada pelanggaran, tapi jumlahnya sudah berkurang dengan adanya ETLE ini," tambahnya.