POPULAR STORIES

Mengapa Vespa Jadul Indonesia Kerap Diburu Orang Luar Negeri, Ini Jawabannya

Mengapa Vespa Jadul Indonesia Kerap Diburu Orang Luar Negeri, Ini Jawabannya Om Beng selaku Founder Indonesia Vespa Days bilang kalau Vespa lawas di Indonesia punya roots/ akar yang sama dengan Vespa yang ada di Italia pada zamannya (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Tak ada yang menyangkal, kalau di Indonesia, eksistensi Vespa klasik masih sangat kuat dan mudah dijumpai hingga pelosok.

Banyak juga pendapat yang bilang bahwa Vespa klasik di Indonesia menjadi barang incaran kolektor mancanegara. Lantas kenapa Vespa dari Indonesia yang paling dilirik?

Om Beng selaku Founder Indonesia Vespa Days bilang, kalau Vespa lawas di Indonesia punya roots/akar yang sama dengan Vespa yang ada di Italia pada zamannya. "Vespa kita satu nomor VIN dengan Vespa Italia. Istilahnya satu ibu-bapak dari Vespa Italia. Ya kesimpulannya Vespa di sini, sama aslinya dengan yang di sana," jelas Om Beng.

Dengan fakta demikian, orang menilai Vespa Indonesia termasuk Vespa asli Italia. Dan wajar saja kalau diburu kolektor dari mancanegara.

Ternyata hal itu juga dimanfaatkan oknum, yang kemudian berbondong-bondong mengeskpor Vespa klasik ke luar negeri. Bahkan sampai ke negara asalnya, Italia.

Harganya pun tak main-main, karena sudah masuk kategori barang koleksi klasik. Padahal di negara asalnya, sudah ada peraturan yang melarang ekspor Vespa klasik yang masih tersisa.

Baca Juga: Motor Custom Konvoi Ala Peragawati Di Parjo Red Carpet 2018

Om Beng sebagai penggiat dan pengamat Vespa klasik, cukup menyayangkan ekspor tak resmi dari Indonesia itu. "Kenapa terus banyak yang diekspor? Karena ada permintaan dari luar. Kita tidak bisa melarang, karena itu hak mereka. Kita cuma menghimbau oknum untuk tidak menjual ke sana (eskpor)," paparnya lagi.

Sementara, menurutnya, penggemar Tanah Air perlu bangga karena Vespa klasik di sini sama dengan yang ada di Italia dulu. "Satu kebanggaan saja, karena kita di sini merakit. Baru dalam 1992 kita bisa bikin Vespa sendiri," tambah Om Beng.

Vespa pertama diimpor secara resmi ke Indonesia pada 1966. Setelah di Italia dipamerkan di Milan pada 1965. Indonesia juga pernah mengekspor Vespa pada 1970-an ke negara seperti Thailand. Model pertama yang dieskpor, Vespa PTS.

Sementara Vespa klasik, yang sampai saat ini bisa dijumpai di Indonesia, tak murni lagi impor dari Italia. "Banyak juga yang diimpor ke sini, tapi bukan Italia, melainkan Vespa Jerman dan Inggris. Tapi yang paling dicari justru Italia, karena kalau ngomongin Vespa, negara pertama yang teringat pasti Italia," tutup Om Beng.

Nah, sayangi Vespamu ya guys!