POPULAR STORIES

Mengecat Bugatti Butuh 600 Jam, Begini Prosesnya

Mengecat Bugatti Butuh 600 Jam, Begini Prosesnya Foto : Bugatti

KabarOto.com - Seperti kita tahu, Bugatti bukan sebuah mobil sembarangan. Dengan harga menyentuh puluhan miliar, mobil ini sudah sama seperti membeli karya seni. Bahkan untuk mengecat sebuah Bugatti baru, perlu waktu sekitar 600 jam menyelesaikannya.

Pabrik Bugatti Molsheim melakukan seluruh proses pengecatan dengan tangan handal. Setiap komponen di mobil Bugatti cat secara individual, dan tidak dipasang sehingga setiap permukaan dapat menerima penyelesaian terbaik.

Setiap panel dicat terpisah.

Baca juga: Bugatti La Maison Pur Sang Restorasi 2 Unit Veyron

Pekerja melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk proses ini, dan tidak melibatkan mesin atau robot apa pun. Murni hanya mengandalkan mata dan sentuhan sensitif. Sebelum akhirnya memberi dua lapisan primer, persiapan ini saja memakan waktu lebih dari 100 jam di setiap mobil.

Setelah proses ini, pengerjaan dilanjutkan untuk proses pengamplasan, hingga permukaan dirasa halus, baru naik proses pengecatan. Setelah itu dilapis menggunakan pernis, dan masuk ke proses pemolesan.

Proses pemolesan.

Baca juga: Toyota Mirai Raih Guinness World Record Sekali Isi Tempuh 1.359 Km

Setidaknya dibutuhkan sekitar empat hari pemolesan lagi, dan proses pemolesan dikatakan paling rumit dari seluruhnya. Jika diperiksa ada perbedaan warna sekecil apa pun antara dua panel, diperlukan pengecatan ulang dari awal.

"Kanvas Ettore adalah mobil, bahkan sebelum orang menganggapnya sebagai karya seni. Kami mempertahankan etos tersebut hingga hari ini, memastikan bahwa setiap aspek desain, dan produksi dilengkapi dedikasi terhadap keunggulan estetika," ujar Christophe Piochon, Presiden Bugatti.