POPULAR STORIES

Toyota Mirai Raih Guinness World Record Sekali Isi Tempuh 1.359 Km

Toyota Mirai Raih Guinness World Record Sekali Isi Tempuh 1.359 Km Foto : Toyota.

KabarOto.com - Selain jajaran mesin yang lengkap, mulai dari mesin konvensional, hybrid dan kendaraan listrik berbasis baterai atau BEV. Toyota juga punya mobil hidrogen yakni Toyota Mirai.

Toyota Mirai sempat mencatatkan namanya di Guinness World Record yakni jarak terjauh yang ditempuh oleh kendaraan listrik sel bahan bakar hidrogen, setelah mencatat sekitar 845 mil atau jika dikonversi sekitar 1.359 km, dalam sekali pengisian hidrogen.

Dalam pengertiannya Mirai melakukan satu kali pengisian penuh hidrogen selama lima menit dalam perjalanan pulang pergi di California Selatan, Amerika Serikat, dan Juri Rekor Dunia Guinness, Michael Empric memvalidasi tangki mobil dengan segel di awal dan akhir perjalanan.

Baca juga: Baterai Lexus RZ Bisa Lebih Awet Karena Ini

Mirai dikemudikan oleh hyper-miler profesional, Wayne Gerdes dan co-piloted, Bob Winger, menggunakan teknik mengemudi untuk memaksimalkan potensi efisiensi bahan bakar mobil, dengan tetap menghormati keselamatan dan peraturan jalan raya.

Perjalanan dilakukan selama dua hari dimulai pada 23 Agustus di Toyota Technical Center (TTC) di Gardena, California, tempat grup pengembangan sel bahan bakar Toyota.

Melakukan perjalanan ke selatan menuju San Ysidro dan kemudian arah utara ke Santa Barbara, melalui jalur pantai Santa Monica dan Malibu di sepanjang Pacific Coast Highway, dan kembali ke TTC.

Hari pertama menempuh jarak 473 mil atau 761 km.

Baca juga: Perbandingan All New Toyota Agya GR Sport Dan All Daihatsu Ayla R ADS, Beda Hampir Rp70 Jutaan

Hari berikutnya mereka melewati lalu lintas jam sibuk pagi, dan sore hari melintas jalan bebas hambatan San Diego hingga bahan bakar habis tepat pada 845 mil atau sekitar 1.359 km.

Selama pemgujian lalu lintas berada pada jam sibuk dengan suhu antara 18 hingga 28 derajat celsius. Mobil ini mengkonsumsi sekitar 5,65kg hidrogen dan menghasilkan nol CO2, di mana kendaraan mesin pembakaran internal standar akan menghasilkan sekitar 300 kg CO2 pada jarak tempuh sama.