POPULAR STORIES

Mengenal Berbagai Jenis 'Engkol' Atau Kick Starter Yang Ada Di Sepeda Motor

Mengenal Berbagai Jenis 'Engkol' atau Kick Starter yang ada di Sepeda Motor Mengenal Berbagai Jenis 'Engkol' atau Kick Starter yang ada di Sepeda Motor (kipli)

KabarOto.com - Untuk menyalakan mesin, sepeda motor umumnya dilengkapi dengan dua jenis starter. Salah satunya adalah starter elektrik yang menggunakan energi listrik untuk memutar poros engkol. Yang lainnya adalah model kick starter, mesin harus dinyalakan dengan memberikan tenaga eksternal melalui tekanan kaki pengendara untuk memutar poros engkol.

Kick starter memiliki beragam jenis sesuai dengan model sepeda motornya, dan masing-masing memiliki cara tersendiri untuk menggerakkan dan menyalakannya.

Baca Juga: Bahaya Microsleep Intai Sobat Saat Motoran Malam Hari, Simak Penjelasannya

Kick Starter Motor Matik

Di antaranya kick starter pada sepeda motor matik berada di sebelah kiri, tepatnya di luar cover CVT. Meskipun terbilang ada yang menganggap cukup merepotkan untuk digunakan, beberapa model motor matik terkini telah beralih dari penggunaan kick starter menjadi electric starter sepenuhnya.

Untuk menyalakan sepeda motor matik dengan kick starter, langkah-langkahnya relatif mirip dengan motor konvensional. Pertama, turunkan standar tengah. Kemudian, pastikan standar samping sudah dinaikkan dan putar kunci kontak ke posisi on.

Gunakan kaki kanan untuk menekan pedal kick starter, tangan kanan untuk memutar throttle atau menekan handle gas, dan tangan kiri untuk menekan tuas rem. Tekan kick starter sekali, jika tidak ada kendala seperti kehabisan bahan bakar atau kerusakan pada bagian kelistrikan, sepeda motor akan menyala.

"Kick starter pada sepeda motor matik berguna saat baterai atau drop. Namun, karena jarang digunakan, kick starter harus diperiksa dan dirawat secara rutin jika tak ingin gir penggerak didalamnya rusak," jelas Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman.

Kick Starter Motor Cub/Bebek

Kick starter pada sepeda motor bebek terletak di sebelah kanan, tepat di samping crankcase mesin bagian kanan. Karena menggunakan sistem perpindahan gigi rotari, untuk menggunakan kick starter pada sepeda motor bebek, pengendara harus memastikan gigi perseneling berada dalam posisi netral (N).

Dikarenakan menggunakan sistem transmisi dengan kopling semi otomatis, "kick starter pada sepeda motor bebek umumnya lebih mudah dan praktis karena tidak perlu menekan tuas kopling saat menggerakkan perseneling," imbuhnya.



Kick Starter Motor Sport

Jika tidak ada kendala pada kopling dan mesin dalam kondisi baik, kick starter pada sepeda motor akan bekerja optimal. Mekanisme penggunaannya mirip dengan sepeda motor bebek, dengan posisi yang sama di sebelah kanan crankcase mesin.

Perbedaannya terletak pada sistem perpindahan gigi. Sepeda motor sport biasanya menggunakan kopling dengan transmisi manual yang memiliki pola gigi 1-N-2-3-4-5-6. Untuk menyalakan mesin, perseneling juga harus dalam posisi N atau Netral, agar mesin sepeda motor menyala dengan baik tanpa merusak komponen seperti kopling dan gigi transmisi.

Baca Juga: Kecil Namun Vital, Ini Fungsi Lampu Pelat Nomor Sepeda Motor

Gir kick starter yang rusak akibat tak dirawat (Foto: Kipli)



"Pastikan tidak menginjak kick starter ke bawah saat kondisi motor sudah hidup atau menyala, karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada pinion gear di bagian kick starter," wantinya.

Selalu berhati-hati dan teliti saat menggunakan kick starter, serta pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera dalam buku manual sepeda motor untuk menjaga kinerjanya tetap optimal.

“Untuk perawatan, semua jenis kick starter sepeda motor relatif mudah. Perangkat kick starter perlu dibersihkan saat mencuci sepeda motor, dan saat melakukan servis rutin, komponen ini harus diperiksa oleh mekanik untuk memastikan tidak ada kendala saat digunakan.”

“Jika kick starter terasa seret, keras saat diinjak, atau terlalu longgar dan tidak kembali, ada kemungkinan masalah pada komponen di dalamnya," tutupnya.