POPULAR STORIES

Mengenal Bermacam Jenis Sekring Dan Fungsinya

Mengenal Bermacam Jenis Sekring dan Fungsinya Dinamakan sekring tancap bentuknya yang pipih dan memasangnya dengan cara ditancapkan (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Sebagaimana yang Sobat KabarOto ketahui, sekring berfungsi untuk menjaga aliran arus listrik agar tidak melebihi kebutuhan arusnya. Nah, sehubungan dengan evolusi teknologi dari dulu hingga sekarang, sekring sendiri punya berbagai macam bentuk.

Evolusi awal dari sekring dikenal dengan nama sekring batu. Namun, seiring perkembangan zaman,
sekring dengan material keramik ini tak lagi digunakan pada mobil modern.

Kemudian ada sekring jenis tabung/ tube fuse atau glass yang bagian tengahnya menggunakan tabung kaca. Asal muasal hadirnya tabung kaca bening ini membuat Anda mudah mendeteksi jika sekring putus.

Sekring tabung ini mayoritas digunakan pada mobil-mobil lawas atau era 1980-an. Setelah sekring tabung, munculah sekring blade atau sekring tancap.

Baca Juga: Kenapa Sekring Warna-Warni? Ini Penjelasan Dan Spesifikasinya

Dinamakan seperti ini karena bentuknya yang pipih dan memasangnya dengan cara ditancapkan. Sekring blade muncul karena sistem kelistrikan mobil semakin komplek dan kebutuhan arusnya semakin besar.

Pada sekring blade diberikan tanda angka kapasitas dan kode warna sekring yang memudahkan untuk identifikasi.
Contohnya sekring blade warna coklat kekuning-kuningan itu kapasitasnya 5 Ampere (5A), coklat 7,5A, merah 10A, biru 15A, kuning 20A, bening 25A, dan hijau 30A.

Selain itu ada juga sekring kotak. Sekring kotak ini serupa dengan model tancap, tapi dimensinya lebih besar dan
dilengkapi jendela pemantau di bagian atasnya.

Oh ya, sama seperti sekring blade, sekring kotak juga memiliki kode warna sekring untuk memudahkan identifikasi.
Contoh sekring kotak 30 Ampere (30A) warna merah muda, hijau 40A, merah 50A, kuning 60A, hitam 80A, dan biru 100A.

Baca Juga: Kode Pada Ban Yang Perlu Diketahui

Jenis terakhir adalah sekring pelat. Sekring pelat biasa digunakan sebagai pengaman pada arus listrik utama. Makanya sekring pelat ini memiliki kapasitas Ampere yang besar, biasanya di atas 30 A. Kapasitasnya sendiri dapat dilihat di bawah pelat penghubung.

Sekring model ini dilengkapi pelindung dari plastik hitam. Pemasangannya agak sulit, karena pelat penghantar arus diikatkan ke kedua kutubnya dengan baut.