Kode Pada Ban Yang Perlu Diketahui

Kode pada Ban yang Perlu Diketahui

KabarOto.com - Ban merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam sebuah mobil. Biasanya saat mengganti ban, pemilik mobil tidak pernah memperhatikan kode yang tercantum pada ban tersebut, hanya menanya harga, bayar kemudian pasang.

Jika diperhatikan, sepanjang dinding ban itu ada beberapa angka dan kode yang bisa jadi patokan untuk memakai loh. Kali ini, KabarOto coba merangkum apa maksud atau arti dari kode ban.

Baca Juga: Forged Carbon, Tren Modifikasi Anyar Di Indonesia

Zulpata Zainal, On Vehicle Test PT Gajah Tunggal mengatakan, yang paling penting untuk diperhatikan saat memilih ban adalah tulisan atau kode, misalnya ada angka 205/65 R16 91H.

Artinya lebar telapak 205 mm, 65 adalah aspec rasio, perbandingan lebar telapak dan tinggi dinding ban, dalam hal contoh di atas berarti, lebar ban 65% dari telapaknya, 65% × 205 sekitar 133.3 mm.

Nantinya, angka ini untuk disamakan dengan ban yang terpasang. Misal ban standar Toyota Agya versi TRD yang pakai ukuran 175/65R14.

Kode-kode yang tercantum pada ban harus diketahui oleh pemilik mobil

Sementara itu untuk R artinya konstruksi Radial, 16 artinya diameter pelek 16 inci. Sementara itu Untuk 91H artinya load index, atau kemampuan ban memikul beban. Untuk H berarti batas kecepatan.

Baca Juga: Tips Agar Ban Mobil Awet Dan Panjang Umur

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah digunakan untuk apa ban tersebut, untuk penumpang, untuk mengangkut barang, untuk digunakan di jalanan halus, jalan kasar, atau halus dan kasar. "Itu ada tipe HP (high performance), AT All Terrain, MS Mud & Snow, MT Mud Terrain disesuaikan saja dengan kebutuhan konsumen," tambahnya.

Baca Juga: 2 Cara Ketahui Kapan Ban Mobil Harus Diganti

Zulpata juga menjelaskan tentang kode produksi atau serial number. Menurutnya ini tidak perlu dipermasalahkan, karena nomor tersebut lebih untuk keperluan tracing quality saja, bukan untuk tahu kadaluarsa dari ban.

"Prinsipnya tidak ada kadaluarsa pada ban, selama penyimpanan ban itu baik dan benar. Misalnya tidak kena sinar matahari, hujan terus menerus, tidak kena barang kimia, tidak dekat kompresor dan lainnya yang dapat merusak karet ban," tambah Zul.

Baca Juga: Ingin Turbo Awet? Ini Tipsnya

Zulpata juga memberikan cara agar ban tetap awet. "Yang penting dalam pemakaian, selalu dicek tekanan angin ban, sesuaikan dengan rekomendasi pabrik mobil, biasa ada di pilar pintu pengemudi tuh dan terakhir jangan lupa cek balancing dan lakukan wheel alignment secara berkala," tutup Zulpata.