POPULAR STORIES

Mengenal Fitur Drive Mode Yang Lazim Ditemui Pada Mobil Modern

Mengenal Fitur Drive Mode yang Lazim Ditemui pada Mobil Modern Ilustrasi (Kabaroto)Kipli

KabarOto.com - Beberapa mobil modern kini dibekali fitur Drive Mode. Fitur ini diklaim mampu memudahkan pengemudi untuk dapat memilih mode berkendara sesuai selera dan kebutuhan.

“Drive mode adalah fitur yang memberikan opsi ke pengemudi untuk memilih karakter berkendara. Teknologi ini dapat diatur sesuai dengan selera dan kebutuhan berkendara,” jelas Samsudin selaku Aftersales Support PT Astra International Peugeot.

Hadirnya Drive Mode, menurutnya tidak lepas dari keunggulan teknologi Electronic Control Unit (ECU) pada mobil asal Prancis ini. Melalui komponen tersebut sistem drive mode mampu mengontrol berbagai hal seperti transmisi mesin, suspensi, pengereman, hingga kemudi.

Drive mode mencakup mode Eco, Normal dan Sport. Untuk mengaktifkan fitur ini lazimnya cukup menekan tombol atau memutarnya di dekat tuas transmisi. Lalu pilihan ke-3 mode akan tampil secara otomatis pada panel instrumen.

Baca Juga: Diklaim Lebih Efisien, Motul Resmikan Gudang Penyimpanan Di Singapura

Contohnya, untuk efisiensi BBM, maka Sobat dapat memilih Eco Mode. Eco Mode umumnya jadi salah mode yang cocok dipakai saat berkendara jarak jauh karena membuat konsumsi BBM irit dan efisien.

Electronic Control Unit (ECU) akan melakukan penyesuaian secara bertahap agar bahan bakar yang dikirim ke ruang bakar tidak sampai terbuang percuma.

Begitu pula dengan perpindahan transmisi dan bahkan pengoperasian pengatur suhu ruangan kabin yang bekerja dibuat seefisien mungkin.

Baca Juga: Lambang Rolls-Royce 'Spirit Of Ecstasy' Baru, Lebih Aerodinamis

“Sedangkan, Normal Mode akan memberi kenyamanan ekstra karena mobil dapat berjalan sesuai kemampuan yang diatur oleh pabrikan. Terutama dipakai di lingkungan perkotaan atau di kepadatan arus lalu-lintas,” imbuhnya.

Jika mengaktifkan Sport Mode saat berkendara lazimnya akan membuat akselerasi mobil menjadi lebih responsif. Penggunaan Sport Mode biasanya membuat respon putaran mesin semakin cepat.

"Salah satu momen terbaik untuk mengaktifkan mode Sport adalah ketika anda merasa perlu menyalip kendaraan lain, seketika tenaga, torsi, dan respon akan meningkat jauh lebih cepat," tutupnya.