POPULAR STORIES

Mengenal Fitur-Fitur Pada Motor Honda Yang Tidak Dimiliki Merek Lain

Mengenal Fitur-Fitur Pada Motor Honda yang Tidak Dimiliki Merek Lain Honda PCX 160 (Foto: AHM/KabarOto)

KabarOto.com - PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan produsen kendaraan roda dua di Indonesia. Selalu menghadirkan motor-motor berkualitas untuk konsumennya. Mereka juga menampilkan teknologi terkini pada produknya. Yuk, kenali fitur-fitur pada motor Honda yang tidak dimiliki merek lain.

Teranyar adalah teknologi Enhanced Smart Power (eSP). Diklaim mampu menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi yang terbuang. Tahun 2013, disematkan pada New Honda Beat, Scoopy, Vario, PCX dan juga ADV.

Skutik Honda yang gunakan teknologi ini, konsumsi bahan bakarnya menjadi irit, mesin lebih halus dan menghasilkan performa yang lebih baik. Enhanced Smart Power (eSP) memiliki beberapa fitur-fitur modern, di antaranya:

Baca Juga: Sejarah Dan Sepak Terjang Astra Honda Racing Team (AHRT) Di Dunia Motorsport

Enhanced Smart Power (eSP+)

ACG Starter

Teknologi yang berfungsi untuk mengurangi gesekan sehingga menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara. Sekaligus mendukung fungsi fitur ISS (Idling Stop System).

Offset Cylinder

Berfungsi untuk mengurangi gesekan antara piston dan silinder dengan mengatur ulang posisi silinder dan crankshaft.

Roller Type Rocker Arm

Menggunakan shell type needle bearing sebagai sebagai poros. Sehingga dapat mengurangi gesekan dan mengurangi beban pegas katup.

Spinny Sleeve

Tekstur berduri dinding silinder yang menjaga bentuk lingkaran sempurna. Fungsinya dapat mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lain.

Squish

Fungsinya membuat pengapian lebih baik dan pembakaran semakin cepat.

Tumble

Berfungsi agar penyebaran bahan bakar yang merata dan menjadikan pembakaran kian sempurna.

Teknologi eSP+ meningkatkan performa dan membuat irit bahan bakar

Baca Juga: Honda Dio 125 Repsol Edition Meluncur Di India, Harganya Rp 17 Jutaan

Seiring berjalannya waktu, PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan pengembangan lebih lanjut terhadap teknologi eSP hingga menjadi eSP+. Dapat membuat kinerja mesin skutik Honda menjadi lebih sempurna.

Dikembangkannya teknologi eSP+ ini memiliki dua tujuan, pertama untuk meningkatkan performa mesin, kedua mengurangi friksi atau gesekan.

Teknologi eSP+ sudah diterapkan pada Honda PCX160, di mana mesinnya sudah menggunakan empat katup (valve), rasio kompresi tinggi, dan memaksimalkan saluran udara ke ruang bakar.

Penggunaan hydraulic tensioner, piston oil jet hingga crankshaft yang lebih rigid. Di ruang filter, terdapat rectifier atau penyearah. Manfaatnya untuk mengarahkan angin dengan lebih presisi ke ruang bakar, sekaligus mengurangi turbulensi udara.

Baca Juga: Servis Motor Honda Tanpa Antri Pakai Aplikasi Ini

Honda Vario 160

Dampak positif dari pengaplikasian teknologi eSP+, membuat akselerasi terasa lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Serta Honda mengklaim, tidak ada gejala bergetar di putaran awal. Meskipun saat menanjak dengan kecepatan relatif rendah.

Ada tiga fitur lagi yang mengoptimalisasi Enhanced Smart Power. Pertama, PGM-FI, yaitu sistem suplai bahan bakar dengan menggunakan sistem semprot. Sehingga pemakaian bensin lebih efisien dan ramah lingkungan.

Kedua, pengereman CBS. Dengan menarik tuas rem kiri maka rem belakang dan depan dapat berfungsi bersamaan.

Ketiga, ISS. Sistem dirancang guna mengurangi emisi dan konsumsi bahan bakar saat kondisi diam. ISS langsung mematikan secara otomatis dan menyalakan mesin kembali hanya dengan memutar sedikit tuas gas.