POPULAR STORIES

Mengenal Lebih Dekat Wuling Air Ev, Bikin Enggak Mau Berpaling

Mengenal Lebih Dekat Wuling Air ev, Bikin Enggak Mau Berpaling Foto: KabarOto

KabarOto.com - Wuling Motors (Wuling) sebagai perusahaan otomotif terbesar asal Tiongkok, telah memperkenalkan kendaraan listrik Wuling Air ev, secara virtual pada 11 Juli lalu. Kemudian, secara global diperkenalkan pada hari pertama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Kamis lalu (11/8).

Wuling Air ev menggunakan platform dari Global Small Electric Vehicle (GSEV), mobil listrik berukuran mungil ini memiliki panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm dan tinggi 1.631 mm. Secara keseluruhan Wuling Air ev memiliki bobot 1.160 kg.

Dengan ukurannya yang kecil, pabrikan mobil yang bermarkas di Cikarang ini mengatakan Air ev bisa melaju hingga kecepatan 100 kpj. Air ev merupakan kendaraan listrik perdana Wuling untuk pasar Indonesia, dengan mengaplikasikan konsep modern dan menonjolkan aspek kendaraan masa depan.

Baca juga: Ini Profil Mobil Listrik Wuling Air Ev Yang Melantai Di GIIAS 2022

Menggunakan platform dari Global Small Electric Vehicle (GSEV)

Mobil listrik mungil ini ditawarkan dalam dua varian, yakni Standard Range yang memberikan jarak tempuh 200 km. Sedangkan varian Long Range memberikan jangkauan hingga 300 km.

Dapur pacunya mengandalkan baterai lithium ferro-phosphate (LFP) berkapasitas 17,3 kWh untuk tipe Standard Range dengan jarak tempuh hingga 200 km. Sedangkan, baterai berkapasitas 26,7 kWh disediakan untuk tipe Long Range yang klaimnya dapat mencakup jarak tempuh hingga 300 km saat terisi penuh.

Melihat bagian interior, menggunakan konsep Intelligent Tech Dashboard di bagian depan yang memadukan panel dan knop futuristik serta layar antarmuka yang luas.

Wuling menghadirkan sentuhan kecanggihan melalui Integrated Floating Wide Screen. Bagian ini terdiri dari head unit dan meter cluster berdimensi sama, yakni 10,25 inci. Air ev juga dilengkapi konektivitas internet sehingga pengguna bisa mengakses beragam hiburan menjadikan perjalanan semakin menyenangkan.

Panel interior kendaraan didesain minimalis, terlihat pada bagian panel doortrim dan konfigurasi 4 tempat duduk yang lega dengan pengaturan 50:50 pada bangku baris kedua untuk memberikan akses lebih. Joknya dlapis bahan kulit, cup holder dan beberapa kompartemen bisa dimanfaatkan oleh penumpang untuk penyimpanan barang bawaan. Terdapat dua airbag yang melindungi pengemudi dan penumpang baris pertama.

Menggunakan konsep Intelligent Tech Dashboard

Menurut keterangan Danang Wiratmoko selaku Product Planning Wuling Motors Indonesia, menjelaskan bahwa untuk melakukan pengecasan Wuing Air ev di rumah, membutuhkan daya minimum 2.200 watt untuk pengecasan mobilnya saja.

Dengan daya listrik 2.200 watt, pengecasan Wuling Air ev varian Standard Range membutuhkan waktu 8,5 jam untuk pengisian 20 ke 100%. Sedangkan untuk varian Long Range 6.600 watt, bisa melakukan pengecasan dengan daya maksimal 6.600 watt dan membutuhkan waktu lebih cepat, yakni 4 jam untuk pengecasan dari 20 ke 100%.

Wuling Air ev mengusung baterai lithium iron phosphate (LFP) yang bertugas menyimpan sekaligus menjadi sumber energi yang diperlukan motor listrik pada mobil berdimensi compact ini. Perangkat baterai tersebut telah lolos 16 model uji ketahanan pada beragam kondisi dan situasi.

Pengujian tersebut antara lain tes jatuh, rotasi berulang-ulang, kebakaran, rendaman air, benturan dengan percepatan hingga 28G dari satu titik ke titik lainnya dan juga flip test dengan rotasi berulang seperti pada kondisi mobil terbalik. Hingga getaran untuk memastikan baterai tetap aman untuk digunakan sehari-hari .
Hasilnya, paket baterai ini berhasil melewati beragam tes tersebut dengan kondisi yang baik dan utuh serta masih berfungsi normal.

Baca juga: First Drive - Jajal Singkat Wuling Air Ev Di Kawasan GIIAS 2022 BSD City

Didukung dengan rem cakram pada roda depan dan belakang

Untuk menopang mobil listrik ini dari segi purna jual, Wuling memberikan garansi umum kendaraan sampai dengan 3 tahun atau 100.000 km. Selain itu Wuling turut menyediakan garansi untuk komponen inti yang terdiri dari garansi power battery system assembly, drive motor, dan motor controller hingga 8 tahun atau 120.000 km.

Adapun garansi reducer, power distribution unit dan user connection unit sampai dengan 5 tahun atau 100.000 km. Wuling juga memberikan gratis biaya jasa perawatan berkala bagi konsumen Air ev hingga 2 tahun atau 100.000 km, keseluruhan garansi diatas berlaku syarat dan ketentuan serta mana yang tercapai lebih dulu.

Dengan ukuran kecil, Wuling Air ev bisa melaju hingga kecepatan 100 kpj. Sistem pengereman didukung dengan rem cakram pada roda depan dan belakang, ABS, EBD, TPMS, Sound Module for pedestrian Warning serta ISOFIX.

Khusus Wuling Air ev Long Range turut ditambahkan dengan electronic stability control (ESC) dan electric parking brake dengan auto vehicle hold (AVH) serta hill hold control (HHC).

Mobil listrik pertama Wuling di Indonesia ini kini resmi dijual dengan harga Rp 238 juta untuk Standard Range dan Rp 295 juta untuk Long Range (OTR Jakarta). Memiliki 5 pilihan warna, yakni yakni peach pink, pristine white, galaxy blue, avocado green, dan lemon yellow. Sebagai informasi, kendaraan listrik ini sudah bisa dipesan.