Mengenal Mobil Pintar Hawkeye 2000 Untuk Mengecek Kondisi Jalan Tol

Mengenal Mobil Pintar Hawkeye 2000 untuk Mengecek Kondisi Jalan Tol Mobil pintar Hawkeye 2000 (JM)

KabarOto.com - Sobat KabarOto mungkin belum banyak yang tahu, bahwa PT Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM) yang menjadi kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, ternyata memiliki mobil pintar dengan teknologi canggih, bernama Hawkeye 2000.

Mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) berbasis Hyundai H1 tersebut, difungsikan untuk mengukur aset dan kondisi jalan tol yang dikelola PT JMTM, agar menghasilkan data yang lebih akurat.

Baca Juga: Masuki New Normal, Ini Cara Mengecek Oli Mesin Mobil

Direktur Utama PT JMTM Rudy Hardiansyah menjelaskan, pihaknya telah mengoperasikan mobil pintar Hawkeye 2000 sejak tahun 2018. Mobil tersebut, merupakan produksi Australian Road Research Board (ARRB).

Menggunakan basis Hyundai H1

"Mobil ini dioperasikan untuk keperluan survei kondisi jalan. Sistem pengoperasiannya melalui integrasi dari beberapa peralatan sensor yang spesifik dalam mendapatkan data karakteristik dan kondisi elemen jalan," jelas Rudy.

Lebih lanjut ia menambahkan, dalam pengumpulan data mobil Hawkeye 2000 akan menyusuri jalan, baik jalan tol maupun jalan nasional, dengan kecepatan minimal 30 kpj dan maksimal 100 kpj.

"Nantinya akan didapat nilai ketidakrataan atau International Roughness Index (IRI) dan nilai kerusakan permukaan melalui Surface Distress Index. Data tersebut digunakan untuk kegiatan analisa kondisi jalan dan penentuan program perbaikan jalan," tambahnya.

Berguna untuk mempelajari kondisi jalan

Hingga saat ini, Hawkeye 2000 telah mengolah data kondisi 626 Kilometer jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group dan 10.100 Kilometer jalan nasional. Diantaranya adalah jalan nasional Wilayah Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur.

Baca Juga: Honda Civic Type R Limited Edition Menjadi Mobil Tercepat Di Suzuka

Deretan peralatan canggih yang dimilikinya termasuk Global Positioning System (GPS) dan Differential GPS, pendeteksi keterakan jalan (Auto Crack Detection Profiler), serta sejumlah kamera.

"Tidak hanya itu, Hawkeye 2000 digunakan untuk menghasilkan output variable elemen geometrik jalan dan aset jalan, yang dapat juga dimanfaatkan untuk penentuan tingkat kinerja keselamatan jalan dan blackspot," pungkas Rudy. Canggih juga yah sob!