POPULAR STORIES

Mengenal RalliArt, Divisi Motorsport Mitsubishi

Mengenal RalliArt, Divisi Motorsport Mitsubishi

KabarOto.com – Setiap pabrikan mobil umumnya memiliki divisi performanya sendiri, seperti contoh yang pernah KabarOto bahas ada Mercedes-Benz dengan AMG, lalu BMW melalui divisi M Performance-nya, Honda punya Spoon atau Mugen Power, dan masih banyak lagi.

Kali ini, KabarOto akan membahas soal nama RalliArt, apa Sobat pernah mendengar atau membaca nama ini ditempel pada sebuah mobil? Nah nama brand tersebut memang sangat tenar, namun banyak orang salah kaprah nih, mengapa?

Potret dari Andrew Cowan

Sebenarnya, RalliArt merupakan divisi tuning khusus mobil untuk Mitsubishi Motors. Brand ini sendiri lebih banyak berkecimpung di dunia highperformance dan balap. RalliArt memiliki tanggung jawab besar untuk membuat mobil Mitsubishi agar bisa turut mengikuti kompetisi balap touring, rally hingga off-road.

Baca Juga : Sejarah Toyota Kijang Di Indonesia

RalliArt didirikan pada 1983 oleh Andrew Cowan, merupakan seorang pembalap rally Mitsubishi terkenal dan sudah menjuarai kompetisi Southern Cross Rally tahun 1972. Saat itu RalliArt baru di wilayah Eropa saja, tepatnya di Rugby Warwickshire, untuk memenuhi kebutuhan mobil rally disana.

Setelah berjalan 5 tahun, rekan satu tim Andrew, Doug Steward mendirikan RallyArt Australia. Prestasinya sendiri terbilang sangat gemilang, banyak kemenangan diraih tim Mitsubishi dalam ajang rally dan offroad. Mobil-mobil sekelas Galant VR-4, Lancer Evolution mulai dari II hingga X sudah jadi langganan oprek di RallyArt untuk siap berlomba.

Part yang dijualnya sendiri sangatlah beragam, dan tentunya membuat mobil Mitsubishi tampak lebih sporty dan kencang dari sebelumnya. Produk-produk komponen yang dibuat seperti intercooler, pump relocation kit, turbocharger, suspensi, exhaust system dan sebagainya yang berhubungan dengan teknis mobil. Tidak hanya itu, ada juga untuk eksterior atau penampilannya seperti diffuser karbon, under guard, air vent, sill plate dan sebagainya.

Baca Juga : Sejarah Nissan Serena Sejak 1996 Hingga 2019

Namun bukan hanya mobil, sekarang bagi yang mau atribut RalliArt sebenarnya juga bisa, karena ada baju untuk pria maupun wanita, payung, pulpen dan sebagainya. Mungkin untuk penggemar juga bisa nih beli, biar enggak mobilnya saja dengan nuansa RallyArt.

Beberapa contoh souvenir dijual sekarang

Tapi ada kabar buruk juga soal RalliArt nih Sobat KabarOto, sebab tahun 2010 lalu, Masao Taguchi, selaku Presiden Ralliart Inc, dalam surat pernyataannya mengatakan jika Ralliart resmi bubar akibat krisis finansial. "Berkaitan dengan terus menurunnya volume usaha kami, kami menyatakan berhenti. Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya untuk seluruh pelanggan, berkaitan dengan kondisi ini," beber Taguchi saat itu.

Namun produk Mitsubishi Ralliart masih akan bisa ditemui pelanggan setia kok. Karena hak kepemilikan merek dagangnya sudah dimiliki pabrikan Mistubishi. Sehingga bisa saja, pabrikan meneruskan produksi barang-barang berlabel Ralliart. Hanya saja bukan barang seperti performance parts yah, melainkan hanya souvenir saja.

Sedih yah Sobat KabarOto, pada prestasinya sangat gemilang di dunia balap WRC.