Mengenal Teknologi Mesin VTEC Dan I-VTEC Honda, Bagaimana Kinerjanya?

Mengenal Teknologi Mesin VTEC dan i-VTEC Honda, Bagaimana Kinerjanya? Foto : istimewa

KabarOto.com – Mesin adalah bagian paling penting dari sebuah mobil. Bertindak sebagai sumber tenaga dan penggerak, beberapa pabrikan mobil dunia memiliki teknologi mesin yang menjadi ciri khas dari merek mobil itu sendiri.

Salah satu teknologi mesin yang sering kita dengar adalah Variable Valve Timing and Lift Electronic (VTEC) yang digunakan oleh merek mobil Honda.

Kelebihan dari teknologi VTEC ini diklaim membuat mesin bersilinder kecil bisa tampil sebanding dengan mesin bersilinder besar. Bahkan, mesin VTEC juga bisa memberi tingkat efisiensi bahan bakar yang lebih optimal serta dikenal ramah lingkungan.

Foto: istimewa

Baca Juga : Kia Stinger Fastback, Incar Anak Muda

Ketinggian pada bukaan katup diatur secara elektronik. Cara kerjanya terbilang sederhana, pada putaran rendah, satu katup terbuka dan katup lainnya hanya terbuka sedikit. Cara ini untuk mendukung efek perputaran udara pada ruang bakar menjadi lebih optimal hingga akselerasi mesin terasa responsif dan terasa lebih bertenaga.

Dalam proses kerjanya, teknologi mesin VTEC dibagi menjadi tiga, yaitu VTEC-E, VTEC SOHC, dan VTEC DOHC.

Pada teknologi VTEC-E, bisa dilihat pada Honda Civic Ferio lansiran 1996. Teknologi ini menerapkan kinerja 12 katup dan pada kecepatan tinggi, katup lainnya juga ikut terbuka.

Kedua adalah teknologi mesin VTEC SOHC yang pernah digunakan pada Honda City generasi pertama. Bukaan katup masuk akan berbeda khususnya pada putaran sedang serta tinggi. Sedangkan pada katup buang, durasinya tidak diatur.

Terakhir adalah VTEC DOHC. Memiliki sistem operasi yang sama dengan SOHC, perbedaannya terletak pada bukaan katup buang yang diatur secara elektronik. Di sisi lain, perbedaan juga diamati pada mode SOHC dan DOHC yang mana Cam DOHC terpisah menjadi dua.

Sementara itu, teknologi mesin i-VTEC adalah sebuah teknologi yang digunakan oleh mesin yang menganut sistem injeksi. Fungsi utamanya adalah mengatur bukaan katup pada bagian mesin agar sesuai dengan keperluannya, artinya di saat mobil memerlukan akselerasi cepat dengan putaran mesin (rpm) sekitar 4.000 hingga 5.000 ke atas.

Bukaan katup akan semakin besar untuk menyediakan performa yang maksimal, sebaliknya di saat melaju pelan saat lalu lintas padat, bukaan katup akan terbuka seperlunya.

Teknologi mesin i-VTEC sudah banyak digunakan di mobil Honda yang dipasarkan di Indonesia, antara lain Honda Jazz, Accord, dan Odyssey.