POPULAR STORIES

Mengenal Tugas Air Purifier Pada Kendaraan Sobat

Mengenal Tugas Air Purifier Pada Kendaraan Sobat Mengenal Tugas Air Purifier Pada Kendaraan Sobat (Kipli/ KO)

KabarOto.com - Air purifier terdiri dari satu atau lebih filter serta sebuah kipas yang berfungsi untuk menarik dan mengalirkan udara. Saat diaktifkan, perangkat ini akan menghisap udara di dalam kabin kendaraan melalui kipasnya, kemudian udara tersebut akan ditahan oleh filter yang berada di bagian belakang air purifier.

Ventilasi Udara Masuk: Air purifier ini memiliki ventilasi untuk jalur udara masuk yang terletak di samping unitnya. Ventilasi ini dirancang untuk memaksimalkan aliran udara yang masuk ke dalam purifier.

Ventilasi Keluar: Terdapat dua ventilasi keluar, satu di bagian depan dan satu di bagian belakang. Melalui ventilasi ini, udara yang telah melewati proses penyaringan akan dikeluarkan ke ruang penumpang, baik untuk penumpang depan maupun belakang.

Baca Juga: Selain Jual Filter Udara, Primes Asia Juga Menjual Air Purifier Untuk Kabin

Pre-Filter: Di dalam unit air purifier, terdapat casing filter dengan pre-filter. Pre-filter ini berfungsi untuk menyaring partikel-partikel yang lebih besar dari udara, seperti debu dan serbuk sari. Pada area ini juga terdapat sensor yang memantau kualitas udara di dalam kabin.

Filter Partikel Halus: Setelah melewati pre-filter, udara akan bergerak menuju filter berikutnya yang dapat dibersihkan. Filter ini bertugas menyaring partikel yang lebih halus, menjadikan udara yang keluar dari air purifier lebih bersih.

Filter HEPA Antibacterial: Filter HEPA antibacterial adalah tahap terakhir dalam proses penyaringan. Filter ini bertugas untuk menyaring bakteri dan virus dari udara. Selain itu, filter HEPA juga efektif dalam menyaring debu, asap, dan serbuk sari, sehingga menghasilkan udara yang sangat bersih.

Baca Juga: Test Drive All New Toyota Kijang Innova Zenix AT Q Hybrid Modelista, Evolusi Mobil Keluarga Indonesia

Lampu UVC-LED: Untuk meningkatkan sterilisasi udara, air purifier dilengkapi dengan lampu UVC-LED di bagian dalamnya. Lampu ini berfungsi untuk membunuh virus yang masuk ke dalam unit air purifier, meningkatkan kualitas udara yang disirkulasikan di dalam kabin.

Seperti komponen mobil lainnya, air purifier pada mobil juga perlu dirawat, untuk menjaga fungsi air purifier tetap berfungsi secara optimal disarankan untuk melakukan pengecekan dan pembersihan filter secara berkala di bengkel resmi.