Menggunakan Komponen Bikinan Sendiri, Inillah Toyota GR 86 Garapan Blitz

Menggunakan Komponen Bikinan Sendiri, Inillah Toyota GR 86 Garapan Blitz

KabarOto.com – Berbagai Tuner berlomba untuk menggarap GR 86 jadi ciri khasnya sendiri. Seperti pendahulunya, 86 selalu punya gaya modifikasi sangat beragam, hal tersebut berlanjut ke generasi terbarunya sekarang ini.

Salah satu tuner asal Jepang, Blitz menggarap GR 86 menggunakan berbagai komponen yang mereka produksi sendiri. Mulai dari body kit, interior hingga bagian mesin.

Eksterior body kit dari Blitz mengusung desain natural wide body. Dengan penggunaan bumper baru yang lekukannya jauh lebih dinamis dan futuristik, ditambah penggunaan DRL LED membuatnya sekilas tampil seperti Tesla.

Baca juga: Body Kit SARD GT1 Gaya Dinamis Untuk Toyota GR 86

Lanjut ke bagian samping, natural wide body ini tampak seperti lekukan bodi asli, mulai dari bumper, side skirt, dan berakhir di fender belakang. Pemakaian kit tersebut cocok jika disandingkan dengan pelek 18 inci lebar 9,5, pelek pada contoh menggunakan Enkei Racing Revolution RS05RR, dibalut ban Dunlop Direzza ZIII ukuran 255/35 R18.

Tidak lupa disematkan sistem pengereman big brake kit Blitz 6 pot dengan rotor 355 mm untuk bagian depan. Sementara belakangnya menggunakan 4 pot ukuran rotor 330 mm. Penampilan mobil lebih rendah didapat dari pemakaian coilover DAMPER ZZ-R SpecDSC Plus, ditambah camber kit.

Untuk bagian belakang Blitz menambahkan spoiler GT Wing berukuran besar terbuat dari bahan karbon agar tampilan sedikit lebih agresif. Serta melakukan penggantian bumper, dimana desainnya lebih ringkas dan dinamis, dengan finishing quad output muffler NUR SPEC F-Ti material titanium.

Tidak ketinggalan, pemasangan diffuser untuk melengkapi paket aerodinamika dari Blitz.

Baca juga: Toyota GR 86 Garapan HKS Dilengkapi Supercharger GT2

Pada bagian ruang mesin, banyak aksesori disematkan seperti slang diganti semua menggunakan Blitz. Lalu oil cap, radiator cap racing, saluran udara berbahan karbon serta cover open air filter karbon. Tidak ketinggalan penambahan stabilizer strut bar supaya mobil rigid. Pengaturan ECU nampaknya ditingkatkan melalui sistem Power Thro yang sedang dikembangkan.

Sayangnya tidak ada data teknis dari modifikasi mesin, namun sebuah sumber menyebutkan bahwa kemungkinan tenaganya naik dari 250 dk menjadi 260 dk dan torsi melonjak dari 250 Nm menjadi 300 Nm.

Interior juga tidak lepas dari modifikasi, menggunakan tiga buah gauge untuk mengukur vacuum, oli temp (suhu oli) dan oil press (tekanan oli). Lalu ada juga pemanis seperti penggantian shift knob, tuas rem tangan dan jok lansiran Bride.

Seperti kendaraan yang ditautkan di awal, Blitz GR 86 Concept juga merayakan perdananya di Fuji Speedway di Jepang. Menurut tuner Blitz, sebagian besar peningkatan yang ada masih dalam pengembangan, namun akan tersedia untuk dijual dalam waktu dekat.