POPULAR STORIES

Menghitung Hari, Ini Perjalanan Mitsubishi XFC Hingga World Premier Di GIIAS 2023

Menghitung Hari, Ini Perjalanan Mitsubishi XFC Hingga World Premier di GIIAS 2023 Menilik Perjalanan Mitsubishi XFC Hingga Bakal Diluncurkan di GIIAS 2023 (Kipli/ MMKSI)

KabarOto.com - Mitsubishi XFC pertama kali diperkenalkan di Vietnam akhir tahun 2022 silam. Mobil konsep Sport Utility Vehicles (SUV) compact ini mampu menampung 5 penumpang.

Takao KatoHR-V, President dan Chief Executive Officer of Mitsubishi Motors mengatakan, Mitsubishi XFC akan diperkenalkan untuk pasar ASEAN, termasuk Vietnam pada tahun fiskal 2023.

Benar saja, pihak Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengkonfirmasi bahwa peluncurannya, secara perdana akan dilakukan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 bulan Agustus 2023 ini.

Sebelumnya, secara tampilan, Mitsubishi XFC mengusung desain Dynamic Shield yang terus dikembangkan sehingga dapat menyesuaikan tren terbaru. Mobil ini diprediksi bakal bermain di pasar segmen B, bersaing dengan Kia Seltos, Hyundai Creta, atau Honda HR-V.

Mobil konsep ini, dirancang untuk handling yang baik dan mumpuni di jalan dengan permukaan kasar. Ground clearance dibuat tinggi dan diameter roda besar. Hal tersebut juga disampaikan oleh pihak MMKSI beberapa waktu lalu, bahwa mobil ini telah diuji di berbagai kondisi permukaan di Indonesia.

Selain itu, ground clearance yang tinggi, membuat compact SUV ini bisa melalui medan apa saja, didukung dengan empat mode berkendara, yakni Normal, Gravel, Mud, dan Wet.

Baca Juga: Galeri The All-new Mitsubishi Triton AXCR 2023

Bagian depan, konsep Dynamic Shield mengekspresikan kinerja dan perlindungan khas Mitsubishi. Lampu utama berbentuk “L” posisinya di atas sejajar dengan kap mesin. Lampu tersebut berpadu dengan Daytime Running Light (DRL) bentuknya menyerupai huruf “T”.

Awal tahun lalu, MMKSI juga sudah memamerkan XFC di gelaran IIMS 2023, sayangnya, pihaknya belum memberitahu detail lebih lanjut.

Setelah tampil di IIMS 2023, mobil konsep ini akan diperkenalkan di kota-kota lain, seperti Pekanbaru, Medan, Palembang, Bandung, Surabaya dan Semarang.

Mitsubishi XFC Concept diklaim dapat memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia, seperti saat mengembangkan Mitsubishi Xpander, yang menjadi andalan penjualan MMKSI di Indonesia.

Tetsuhiro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI menjelaskan, jika XFC Concept spesifikasinya akan lebih baik dari mobil-mobil yang berada di segmennya, salah satunya dari ground clearance, lebih tinggi.

"Untuk ground clearance XFC Concept lebih dibanding Honda HR-V dan Hyundai Creta," terangnya. Bicara soal panoramic, pihaknya belum memutuskan. Yang pasti, desain XFC setelah diproduksi nanti tidak akan berbeda jauh dari konsep.

Baca Juga: Debut World Premiere Di GIIAS 2023 BSD City, SUV Anyar Mitsubishi Pakai Audio Yamaha

"Sebetulnya mobil produksi massal sudah ada, hanya spesifikasinya belum fix, untuk kemiripan berapa persen, agak sulit tapi saya menilai 90 persen sama," jelas Tetsuhiro Tsuchida kepada media, di Semarang, Jawa Tengah.

Selama ditampilkan di Pekanbaru, Medan, Palembang, Bandung dan Surabaya, masyarakat menanyakan berapa harganya. Namun MMKSI mengaku belum memutuskan, karena belum diproduksi massal.

"Akan bersaing dengan HR-V dan Creta, harga mobil kami kurang lebih seperti itu. Belum diputuskan tapi akan diusahakan untuk yang terbaik," tambah Tetsuhiro lagi.

Sebagai gambaran, Honda HR-V tipe S CVT mulai dari Rp 375,9 juta, dan RS Turbo dibanderol Rp 529,9 juta. Sementara Hyundai Creta tipe Active manual dijual Rp 291,3 juta dan tipe Prive IVT Rp 408,3 juta.