Mengintip Pabrik Mobil Esemka, Kata Warga: Sudah Tiga Tahun Beroperasi      

Mengintip Pabrik Mobil Esemka, Kata Warga: Sudah Tiga Tahun Beroperasi       Foto: Win (KabarOto)

KabarOto.com - Maraknya pemberitaan soal mobil Esemka menggugah penasaran. Termasuk KabarOto yang mendatangi pabrik Esemka pada Kamis (25/10). Lokasinya berada di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali. Pabrik ini berada tak jauh dari bandara Adi Soemarmo, Boyolali.

Arus lalu lintas di sekitar area pabrik masih sepi. Saat didatangi KabarOto pada pukul 9.35 WIB, terlihat belum ada aktivitas berarti di dalam pabrik, termasuk area sekitarnya.

Tampak depan pabrik tertutup rapat, pun hanya ada 2 sepeda motor yang terparkir. Sepintas, tak ada mobil Esemka yang diproduksi atau terparkir di area tersebut.

Penanda itu adalah gedung untuk Esemka, terlihat pada plang nama Esemka yang terdapat di bagian atas. Melihat desainnya, nampaknya area kanan gedung akan sekaligus dijadikan showroom.

Baca Juga SUV Esemka Garuda Mulai Unjuk Gigi

Selang beberapa menit, KabarOto berputar ke area sekeliling pabrik. Sekitar samping pabrik masih berupa area perkampungan penduduk.

Tak mudah untuk melongok area pabrik, pun untuk sekadar melihat atau mengambil gambar, KabarOto harus melintas halaman warga sekitar.

Begitu masuk di area perkampungan tersebut, baru mulai terlihat mobil Esemka yang telah diproduksi, berjejer dengan rapi. Saat itu, yang terlihat adalah varian pikap dengan warna silver.

Tak ada aktivitas di area pabrik, KabarOto mendatangi warga yang kediamannya di belakang pabrik. Welas (58 tahun) adalah pemilik rumah tersebut.

Deretan mobil Esemka yang siap adalah jenis pikap dengan warna silver

Menurutnya, meski tak tahu kalau pabrik tersebut adalah untuk pembuatan mobil Esemka, namun ia tahu kalau pabrik tersebut sudah beroperasi sekitar 3 tahun.

”Tahu saya hanya pabrik onderdil, kalau pabrik pembuatan mobil saya tidak tahu,” jelas Welas. Tak berhenti di seputa perkampungan, KabarOto pun mencari kepala desa.

“Jangankan isi dalamnya. Terkait izinnya saja saya tidak tahu. Yang saya tahu ada beberapa mobil yang parkir di halaman. Mungkin itu mobil Esemka,” ujar Wijiyanto, Kepala Desa Demangan, Boyolali yang didatangi KabarOto.

Wijiyanto pun menuturkan, selama ini memang ia jarang melihat aktivitas di dalam pabrik. (Win)

Baca Juga: Profil - Toyota C-HR 2018