POPULAR STORIES

Menguji New Honda ADV160 Lewati Jalur Ekstrem Jakarta-Puncak

Menguji New Honda ADV160 Lewati Jalur Ekstrem Jakarta-Puncak Touring New ADV160 (Foto: Dok AHM)

KabarOto.com - Setelah diperkenalkan pada awal Juli 2022 lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) mengajak 20 awak media nasional touring menjajal New Honda ADV160, (19-20) Juli 2022, Jakarta-Puncak, Bogor Jawa Barat. Ketangguhan skutik penjelajah ini digunakan untuk mengeksplorasi tempat wisata menarik dengan rute dan beragam kondisi jalan.

Perjalanan dimulai dari AHM Pulogadung. Rombongan dibagi menjadi dua batch, KabarOto.com kebetulan berada di batch pertama. Total jarak yang ditempuh sekitar 119 km.

Baca Juga: Informasi Penting Di Panel Instrumen New Honda ADV160

Dari Pulogadung rombongan melintasi jalanan perkotaan, By Pass Jakarta Timur hinga jalan raya Bogor dan Cibinong. Performa mesin baru eSP+ 160cc 4 katup ini memiliki fitur stop and go. Saat motor berhenti di tengah kemacetan, dan lampu merah mesin mati, dan hidup kembali saat tuas diputar sedikit.

Melintasi jalan perkotaan di kawasan Jakarta Timur (Foto: Dok AHM)

Akselerasinya cukup responsif, saat melitasi kawasan Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat. Di jalur lurus kami menguji mesin ini, sampai kawasan Sentul City, berkontur aspal mulus hingga cor beton.

Meninggalkan kawasan Sentul City menuju Pendopo Ciherang dan Curug Leuwi Hejo, kekuatan mesin baru New Honda ADV160 dengan tenaga maksimal 24 dk di 8.500 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm pada 6.500 rpm, mampu menaklukkan kondisi jalanan berliku, menanjak curam-landai. Tenaga dan torsi yang dihasilkan memanjakan kami. Di putaran bawah hingga tengah mampu membawa kami ke tanjakan.

Mesinnya cukup bertenaga untuk menaklukkan tanjakan dikawasan Puncak 2 (Foto: Dok AHM)

Rombongan touring mengeksplorasi berbagai destinasi menarik sepanjang jalan menuju Pendopo Ciherang, Curug Leuwi Hejo, hingga titik pemberhentian di kawasan Puncak 2 via jalur Curug Cipamingkis.

Kondisi jalan di daerah ini cukup menantang, membuat kami merasakan suspensi teleskopik di depan, dan twin subtank pada bagian belakang, cukup nyaman. Tappered handlebar dirasakan mampu menahan getaran motor melibas jalanan dengan baik dan menjaga kestabilan motor.

Kenyamanan posisi berkendara ditunjang dengan jok lebih rendah, saya pun nyaman saat berada di perjalanan. Windshield disetting dengan posisi lebih tinggi, mampu menahan angin di sekitar perbukitan Sentul dan Puncak 2.

Baterai smartphone saya kebetulan habis, USB charger di console box membantu saya mengisi ulang baterai untuk bisa digunakan mengambil foto motor.

Suspensinya mumpuni di jalan menikung tajam (Foto: Dok AHM)

Full digital panel meter memberikan informasi lengkap, terdapat petunjuk putaran mesin (RPM) dan trip meter, informasi selama touring, ditampilkan via layout panel meter yang bentuknya lebih besar dan terlihat cukup jelas. Panel meter ini juga bisa membaca suhu di sekitar lokasi, kami bisa mengetahui kondisinya.

Kapasitas bagasi semakin besar yakni 30 liter dimanfaatkan untuk membawa barang kebutuhan selama perjalanan, seperti jas hujan, tas kecil dan air mineral.

Di jalur Ciloto hingga Cisarua, motor ini semakin menunjukkan performanya. Rem ABS yang disematkan tidak membuat saya khawatir saat mengerem mendadak karena kendaraan besar berhenti mendadak di depan.

Baca Juga: Impresi New Honda ADV 160: Posisi Berkendara Nyaman Dan Santai

Konsumsi bahan bakar selama perjalanan 1:36 kpl. Cukup irit untuk sebuah skuter matik bongsor, melewati jalan tanjakan dan menurun. Konsumsi tersebut terbantu dengan start stop sistem.