POPULAR STORIES

Mengulas Honda Element Yang Sekilas Mirip Land Rover Defender

Mengulas Honda Element Yang Sekilas Mirip Land Rover Defender

KabarOto.com – Land Rover Defender baru saja mengenalkan generasi terbarunya. SUV gagah tersebut sekarang tampil lebih segar dan futuristik, namun ada beberapa pendapat jika modelnya terlalu futuristik sehingga menghilangkan ciri khas Defender sebelumnya. Tetapi banyak juga yang suka karena memang terllihat jauh lebih keren.

Nah, tapi ternyata jauh sebelum mobil tersebut dikenalkan kepada publik, ada loh yang mirip bentuk modelnya dengan Defender. Bukan dari asal Inggris, melainkan Jepang yakni Honda Element. Penasaran seperti apa bentuknya? Yuk kita bahas.

Honda Element didesain oleh John Andrew Frye pada tahun 2000, dan baru memasuki tahap produksi sekitar 2003. Tahun awal penjualan, Element mampu terjual hingga 67.478 unit di Amerika Serikat.

Baca Juga : Honda Breeze SUV Kembaran CR-V

Tetapi sayangnya mobil tersebut tidak terlalu lama, tahun 2011 adalah masa akhir produksinya. Dan dilanjutkan hanya menjual CR-V untuk kelas SUV 5 penumpang. Tercatat sekitar 325.000 unit terjual selama masa penjualannya.

Dari 2003 hingga 2011, Element mendapat beberapa kali facelift, namun yang paling mirip dengan Defender adalah sebelum facelift yakni 2003 hingga 2008. Coba lihat pada bagian depannya sama-sama mengusung model mengotak, serta terdapat aura crossover dari lekukan over fender-nya.

Melihat bagian wajah terdapat model lampu utama berbatok kotak, namun bedanya Element belum ada teknologi LED DRL dan sebagainya hanya halogen biasa. Lalu gril juga sekilas mirip desainnya kaku namun tegas. Selanjutnya pada garnis underguard, keduanya mempunyainya tapi Defender punya lekukan lebih modern dan dinamis berwarna silver, sementara Element hanya hitam saja.

Beralih ke samping, keduanya punya konsep crossover dengan over fender. Lalu uniknya keduanya juga punya model pilar belakang floating roof dan kaca mengotak. Namun, Element punya konfigurasi pembukaan pintu suicide door, sehingga lebih mudah akses keluar dan masuk. Oh iya, kedunya juga punya ciri otentik loh sob, kalau Element ada penggunaan roof rail menyatu dari pilar A hingga belakang. Jika Defender masih mengusung kaca ‘Alpine’ pada samping atap.

Baca Juga : Land Rover Defender Terbaru Akhirnya Muncul

Pada sisi belakangnya tidak terlalu mirip, namun keduanya masih mengaplikasikan lekukan senada seperti atap mengotak, bumper belakang memiliki underguard senada depan. Dan pastinya lampu stoplamp jauh berbeda karena Element mengusung desain sederhana khas zamannya, sementara Defender masih memiliki ciri khas generasi sebelumnya 2 buah lampu rem disusun vertikal.

Model bukaan pintunya juga menarik, hal ini untuk memudahkan akses keluar dan masuk kabin di bagian belakang. Termasuk bukaan pintu belakang yang dapat dibagi dua, atas dan bawah.

Dapur pacu Honda Element mengandalkan mesin 4 silinder DOHC i-VTEC K24 berkapasitas 2.400 cc. Mesin ini sanggup memuntahkan tenaga maksimalnya sebesar 166 dk dan torsi maksimal 217 Nm. Transmisi menggunakan model manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan, dan mobil ini mengadopsi penggerak roda depan dan real time 4WD.