Mengulas Mitsubishi Lancer Evolution Tommi Mäkinen Edition

Mengulas Mitsubishi Lancer Evolution Tommi Mäkinen Edition

KabarOto.com – Mitsubishi Lancer sudah menjadi mobil impian para pecinta otomotif sejak lama. Reputasinya dibidang rally sudah tidak diragukan lagi, sudah banyak titel juara sekelas WRC diraih mobil ini. Sekaligus sebagai rival mobil sport JDM lainnya seperti Subaru Impreza WRX STi, Nissan Skyline GT-R, Toyota Supra, dan sebagainya.

Sejak pertama kali diluncurkan tahun 1992, Evo sudah berevolusi sebanyak 10 kali. Hingga masa akhir produksinya tahun 2016 lalu pada Evolution X. Patut disayangkan sebenarnya, Mitsubishi menghentikan penjualannya, padahal mobil ini banyak meraih prestasi di ajang bergengsi dan banyak digemari para modifikator.

Salah satu Lancer Evo yang paling ikonik mungkin ada pada generasi 6, karena dibuat khusus dengan nama Tommi Mäkinen Edition, mobil ini diluncurkan oleh Mitsubishi Motors tahun 2000,secara terbatas.

Baca Juga : Mitsubishi Evolution IX Time Attack Bertenaga 530 Dk Ini Biasa Dipakai Jalan-jalan

Memiliki basis dari Evolution 6 standar, namun ada ubahan beberapa bagian, sehingga menyerupai bentuk versi relinya, tapi masih bisa digunakan untuk penggunaan jalan raya. Evo 6 TME ini dibuat untuk memberikan apresiasi pada sang legenda Tommi Mäkinen, atas keberhasilannya 4 kali juara dunia tahun 1999.

Perbedaannya dengan versi biasa untuk eksteriornya terdapat pada bagian depan, menggunakan desain lebih aerodinamis dan intercooler lebih rendah, untuk memberikan temperatur stabil agar performa tetap stabil.

Baca Juga : Ternyata, Selain Lancer Ada Mitsubishi Pajero Evolution Loh!

Kaki-kakinya menggunakan pelek garapan Enkei berkelir putih, pelek ini juga digunakan dalam WRC grup A berukuran 17 inci dan sudah jadi standar untuk tipe GSR, namun opsional bagi tipe RS. Berbalut ban ukuran 225/45 R17. Lengkapnya lagi, suspensi sudah di-setting sedemikian rupa agar memberikan respon bagus saat manuver.

Soal jantung pacu, mesin menggunakan 4G63, berkapasitas 2.000 cc dengan titanium turbocharger sebagai standar GSR dan opsional tipe RS. Tenaganya sendiri mencapai angka 280 dk dan torsi maksimal 373 Nm. Lantas tenaga tersebut disalurkan ke 4 roda melalui transmisi manual 5 percepatan.

Masuk ke kabinnya, kita akan disuguhkan desain interior sporty khas mobil 90-an, didominasi warna hitam, sudah cukup lengkap fiturnya seperti pemutar musik dan radio sudah jadi standar, pengaturan AC, electric power window, dan spidometer analog warna merah. Lengkapnya lagi, untuk TME terdapat setir dari Momo, dan jok juga pakai model bucket lansiran Recaro edisi Tommi Mäkinen beraksen merah.

Secara khusus, mobil ini memiliki beberapa pilihan warna seperti New Passion Red, Blue liveries, Scotia White, Satellite Silver dan Pyrenean Black. Dipencantik lagi dengan livery khas WRC panjang dari kap depan sampai bagian lampu belakang, lalu sticker RalliArt pada bumper depan belakang, serta spoiler putih dengan logo Mitsubishi pada sisi samping. Harga saat pertama kali dijual adalah Yen 3.278.000 untuk tipe GSR, dan Yen 2.598.000 tipe RS. atau sekitar Rp 429,4 dan Rp 340 juta.

Bagaimana Sobat KabarOto? Keren atau biasa saja mobil ini?