POPULAR STORIES

Ternyata, Selain Lancer Ada Mitsubishi Pajero Evolution Loh!

Ternyata, Selain Lancer Ada Mitsubishi Pajero Evolution Loh! Foto: jalopnik.com

KabarOto.com – Mitsubishi kerap kali menjual mobil berforma tinggi. Contoh saja ada Lancer Evolution dan Galant VR4. Bahkan brand berlogo 3 berlian ini terkenal dengan keikut sertaannya dalam ajang reli dunia. Namun apakah kalian tahu? Bahwa nama Evolution itu tidak hanya digunakan pada Lancer saja? Melainkan juga Pajero loh.

Tetapi generasi Pajero ini bukan mobil baru, varian Evolution ini dibuat sangat terbatas hanya ada 2.500 unit yang dibuat dari tahun 1997-1999.

Baca juga: Berkat Audiofrog, Tata Suara Mitsubishi Xpander Ini Serasa Nonton Konser Live

Pembeda mobil ini dengan Pajero biasa adalah tampilannya. Walau kita masih dapat melihat garis-garis body dari Lancer Evolution 4 atau 5 yang dibuat ala bodi SUV. Mulai dari bagian depan, desain lampu mengotak khas zamannya, terlihat sporti dengan garnis hitam pada bodi lampunya. Lalu gril menggunakan motif jaring-jaring, seperti layaknya gril pada Evo 5 ataupun 6.

Baca juga: Wow, Mitsubishi Indonesia Catat Penjualan Terbaiknya Sepanjang Sejarah !

Desain bumper juga dibuat gagah dengan model minimalis dilengkapi fog lamp, serta penambahan underguard, dilengkapi overfender dengan lubang angina. Membuat kesan mobil ini makin gahar dan ingin langsung diajak offroad.

Pajero Evolution ini hanya dilengkapi 3 pintu, 2 di kanan-kiri, serta 1 pintu bagasi. Untuk peleknya, mobil ini menggunakan diameter 16 inci dengan balutan ban dari Yokohama Geolandar ukuran 265/70R16.

Jika melihat bagian belakangnya, ada sesuatu yang unik dimana terdapat spoiler yang menyerupai tanduk Batman, dan pintu bagasi yang membuka ke samping, dengan membawa ban cadangan ‘konde’, yang khas di zamannya untuk mobil-mobil SUV.

Pajero Evolution ini memiliki dimensi panjang 4.075 mm, lebar 1.875 mm dan tinggi total 1.915 mm. Terbialng jangkung, dikarenakan ground clearance yang tinggi pula dengan 245 mm.

Walau bodinya lebih kecil ketimbang Pajero biasa, namun mesin dari Pajero Evolution sangat ‘galak’. Sumber tenaganya pakai mesin V6 berkapasitas 3.500 cc, memiliki tenaga 276 dk yang didapat pada 6.500 rpm, dengan torsi maksimum 347 Nm di 3.000 rpm.

Mesin bertenaga besar ini disambung ke 2 pilihan transmisi, otomatis ataupun manual, untuk menggerakkan sistem penggerak all-wheel drive. Dari tenaganya tersebut, mobil SUV ini dapat berakselesari dari 0-100 kpj hanya dalam waktu 8,5 detik. Dengan kecepatan maksimal mencapai 210 kpj.

Untuk fitur kenyamanan dalam kabin, jika dibandingkan dengan mobil sekarang, mungkin sudah jadi hal yang biasa. Namun, jika dibandingkan dengan mobil tahun yang sama, mobil ini cukup lengkap loh fiturnya, contoh adalah AC yang sudah digital, pemutar kaset, panel-panel interior sporti berkelir hitam, serta yang paling asyik adalah penggunaan jok Recaro.

Baca juga: Wah... Mitsubishi Recall 3 Produknya Di Indonesia, Mobil Anda Termasuk?

Adapula versi relinya dengan penambahan aksesori seperti fog lamp tambahan yang besar, aksen striping sticker merah dan hitam, serta penambahan mud guard. (Deddy Darmanto)