POPULAR STORIES

Menjajal Advanced Safety Assist Daihatsu Rocky 1.0

Menjajal Advanced Safety Assist Daihatsu Rocky 1.0 Mengendarai Daihatsu Rocky di Test Course R&D Center ADM Karawang, Jawa Barat,

KabarOto.com - Beberapapa waktu lalu, Astra Daihatsu Motor (ADM) mengundang media untuk menjajal tiga varian Daihatsu Rocky 1.0 R TC MT, Rocky 1.0 R TC MT ADS, Rocky 1.0 R TC CVT, Rocky 1.0 R TC CVT ADS, Rocky 1.0 R TC CVT ASA di Test Course R&D Center ADM Karawang, Jawa Barat.

Saat menjajal langsung kecanggihan Daihatu Rocky 1.0L varian Advanced Safety Assist (A.S.A), mulai dari berbagai macam tes performa, sampai tes keselamatan. Salah satu fitur canggih yang ada pada fitur ini di antaranya Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention.

Baca juga: Daihatsu Rocky 1.2 Sudah Bisa Dipesan, Hanya Rp5 Juta

Menguji Hill Start Assist (HSA)

Keduanya membantu pengendara memberi peringatan dan mengembalikan posisi kendaraan agar tetap pada jalurnya. Saat saya melewati garis putus-putus di jalan, kemudi langsung mengarahkan saya untuk kembali ke jalur semula.

Salah satu fitur A.S.A adalah Pre-Collision Warning dan Pre-Collision Braking yang dapat membantu pengendara dengan memberi peringatan dan melakukan pengereman secara otomatis.

Fungsinya untuk mengurangi dampak tabrakan dengan kendaraan di depan akibat situasi jarak yang terlalu dekat, atau terlambat dalam melakukan pengereman.

Saya pun mencobanya, dengan kecepatan 20kpj tidak menginjak rem, mobil akan berhenti dengan sendirinya saat di depan ada kendaraan lain yang berhenti mendadak.

Fitur ini juga dibuat untuk pengemudi yang bioasanya lalai, meleng dan mengantuk. Untuk kecepatan yang lebih tinggi, mobil ini juga bisa mengurangi dampak benturan yang terjadi dari depan.

Satu lagi yang diuji adalah melewati jalan menanjak, untuk menguji Hill Start Assist (HSA) yaitu teknologi yang membantu pengemudi dengan mencegah mobil agar tidak mundur saat berhenti di jalanan menanjak. Ada sekitar 3 sampai 5 detik mobil berhenti saat pedal rem dilepaskan. Fitur ini tidak membuat pengemudi panik, takut kendarannya mundur.

Tak sampai di situ, fitur canggih lainnya adalah rear parking camera dan back sonar yang dapat membantu visibilitas pengendara agar lebih aman saat bermanuver mundur.
Daihatsu Rocky juga sudah dilengkapi dengan SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang.

Baca juga: First Drive - Daihatsu Rocky, Mencoba Mengulang Sejarah

Selain itu sistem pengereman Anti-Lock Brake System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC).