Menjelang MotoGP Amerika 2021, Brembo Pakai Spesifikasi Khusus

Menjelang MotoGP Amerika 2021, Brembo Pakai Spesifikasi Khusus Sumber Foto : Brembo

KabarOto.com – Setelah Amerika Serikat absen akibat pandemik Covid-19, kini seri di negeri paman Sam bakal digelar kembali.

Menjelang balapan di Austin, pihak Brembo menawarkan spesifikasi terbaru untuk menghadapi Circuit of The Americas (COTA). Sirkuit dengan panjang total 5,5 km dan 20 tikungan ini memiliki skala tiga dari lima pada indeks kesulitan.

Baca juga: Toprak Razgatlioglu Bakal Uji Yamaha YZR-M1, Siap Ke MotoGP?

Layout Sirkuit COTA

Dengan perbedaan ketinggian 41 meter antara yang terendah dan poin tertinggi tentu membuat titik pengereman yang lebih sulit. Oleh karena itu, pihak Brembo menawarkan spesifikasi khusus kepada seluruh tim MotoGP.

Brembo memberikan kaliper monoblok 4 piston radial yang terbuat dari bahan aluminium-lithium yang dibuat dengan mesin billet. Dibandingkan dengan casting, mesin billet memungkinkan penggunaan material dengan karakteristik mekanis yang lebih baik dan ketahanan yang lebih baik terhadap suhu tinggi.

Selain memiliki sirip pada bodi luar, kaliper ini memiliki sistem anti tarik yang menggunakan perangkat pegas untuk mengurangi torsi yang tersisa secara signifikan. Kaliper ini juga meningkatkan torsi pengereman karena menghasilkan gaya yang dikombinakasikan dengan gaya yang diciptakan oleh tekanan hidrolik minyak rem pada piston saat pengereman.

Brembo GP4-RS

Pembalap MotoGP menggunakan rem 12 kali di setiap putaran, jumlah yang sama seperti di Sirkuit Misano yaitu 1,3 km lebih pendek. Sementara, di Sirkuit COTA selama 37 detik per putaran. Dalam empat tikungan, rem diterapkan selama maksimum 1,6 detik dan hanya tiga belokan selama lebih dari 4,5 detik.

Baca juga: Usai Tes Misano 2021, Miguel Oliveira Temukan Masalah Motor

Di sisi lain, ada tujuh bagian pengereman dengan jarak kurang dari 100 meter. Semuanya dengan deselerasi tidak melebihi 1,1 g (0,04 oz).

Titik pengereman paling berat

Dari awal balapan hingga finis, setiap pembalap mengerahkan pada rem depan sebesar 0,8 ton. Dari 12 titik pengereman di COTA, ada tiga tikungan diklasifikasikan sebagai rem yang lebih berat dan empat dengan tingkat kesulitan sedang.

Yang paling sulit adalah tikungan 12, dimana motor mencapai kecepatan 339 kpj dan mengerem selama 6,2 detik untuk turun menjadi 66 kpj.

Menurut data Brembo, pengereman sepanjang 317 meter merupakan rekor dunia dengan melibatkan gaya 5,7 kg pada tuas dan perlambatan 1,5 g (0,05 oz). Sedangkan, tekanan minyak rem Brembo HTC 64T mencapai 12,2 bar.