POPULAR STORIES

Menjelang MotoGP Spanyol 2021, Brembo Pakai Spesifikasi Khusus

Menjelang MotoGP Spanyol 2021, Brembo Pakai Spesifikasi Khusus

KabarOto.com – Menurut para Insisyur Brembo, Sirkuit Jerez Angel Nieto merupakan sebuah trek yang membutuhkan pengereman yang mumpuni.

Sirkuit sepanjang 4,4 km tersebut memiliki 13 tikungan termasuk lambat, cepat dan super cepat. 31% dari total panjang dan memberikan banyak peluang untuk menyalip. Perubahan saat cornering menuntut motor mudah dikendalikan dan harus seimbang dan stabil saat melakukan pengereman.

Baca juga: Inovasi Baru Rem Brembo Untuk MotoGP 2021

Menurut Brembo, skala kesulitan Sirkuit Jerez dari 1 hingga 5 ini memiliki nilai 4. Alias tingkat kesulitannya mirip dengan MotorLand Aragon dan KymiRing. Untuk musim baru 2021, Brembo memiliki berbagai jenis rem cakram yang tersedia untuk tim.

Brembo T-Drive

Setiap pengendara dapat memilih dari lima geometri cakram yang berbeda dan dua spesifikasi material yang tersedia untuk masing-masing termasuk High-Mass dan Standar-Mass ini total terdapat 10 varian. Selain itu, untuk setiap format cakram terdapat dua senyawa karbon yang berbeda. Perbedaannya dari gigitan awal dan ketahannya terhadap suhu tinggi.

Untuk motor yang dijual secara umum dan untuk balapan dalam keadaan standar tidak menggunakan cakram karbon. Meski demikian, bukan berarti pengalaman di MotoGP belum membuahkan hasil positif bagi produksi pabrikan. Salah satu produk yang akan digunakan untuk Jerez adalah cakram T-Drive ini karena penggunaan kabel pengereman baja dan rumah aluminium billet.

Tikungan pertama membutuhkan rem mumpuni

Sistem T-Drive ini memiliki memiliki delapan pin berbentuk T pada cakram yang bersama dengan jumlah garis. Alhasil, mengurangi kebutuhan akan kancing pengikat. Dengan sistem tersebut, untuk sistem rem axial dan radial ini memiliki ketahanan lebih baik terhadap panas dan memiliki performa pengereman yang lebih baik.

Baca juga: Jelang MotoGP Spanyol 2021: Jack Miller Tak Ingin Ulangi Kesalahan

Menurut data, di setiap lap pembalap harus mengerem 11 kali dengan total 33 detik. Perhitungan ini mencakup 3 bagian pengereman termasuk di tikungan 4, 7 dan 10 dimana perlambatan lebih rendah dari 28 kpj dan rem digunakan di mana saja antara 1.2 detik dan 1.5 detik. Jika menjumlahkan semua gaya yang diterapkan pengendara ke tuas rem Brembo depan dari awal hingga akhir balapan, bobot nilainya melebihi 970 kg.

Untuk Sirkuit Jerez sendiri, bagian pengereman paling rumit adalah di tikungan pertama. Pembalap mulai mengerem pada kecepatan 286 kpj dan membutuhkan 4,5 detik saja. Di sisi lain, para pembalap juga menempuh jarak 215 meter sebelum tikungan pertama ini melakukan deselerasi ke 84 kpj.