POPULAR STORIES

Menperin: Ambulans AMMDes Bisa Tekan Angka Kematian Bayi Dan Ibu

Menperin: Ambulans AMMDes Bisa Tekan Angka Kematian Bayi dan Ibu Foto: Kipli

KabarOto.com - Alat Mekanis Multiguna Pedesaan atau AMMDes diklaim Menteri Perindustrian menjadi salah satu wujud nyata implementasi pada program Nawacita yang ada di pedalaman.

Menperin ingin memacu pengembangan inovasi AMMDes dengan berbagai kebutuhan. "Pada akhirnya bertujuan untuk menciptakan ketahanan ekonomi dan mendukung kemajuan di desa,” kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika di Jakarta, Kamis (13/8).

Ia menilai manfaat AMMDes misalnya tercermin dari AMMDes ambulance feeder yang telah dirasakan oleh masyarakat di Kecamatan Bojongmanik, Kabupaten Lebak, Banten. Melalui penggunaan AMMDes jenis tersebut, ibu hamil mendapat kemudahan untuk menjangkau ke fasilitas kesehatan sehingga segera mendapatkan pelayanan yang baik.

Baca Juga: Multiguna, AMMdes Bisa Digunakan Sebagai Penyemprot Disinfektan

Bahkan, menurutnya AMMDes pengumpan ambulans turut berperan menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Lebak. “Manfaat yang dihasilkan AMMDes ambulance feeder juga merupakan hasil kolaborasi dari berbagai pihak, meliputi pemerintah pusat, daerah, pihak swasta dan lainnya yang ikut serta dalam pilot project ini,” papar Putu.



Hal tersebut ia nilai berdasarkan data dari Puskesmas Bojongmanik, hingga Juli 2020 tidak ada kasus AKI, dan untuk AKB berhasil diturunkan dari enam kasus pada 2019 menjadi satu kasus hingga Juli 2020. “Pilot project yang kami lakukan di Kabupaten Lebak, maka terlihat bahwa AMMDes bisa juga difungsikan untuk membantu masyarakat di bidang kesehatan, bukan hanya pertanian saja,” ujar Putu.