POPULAR STORIES

Multiguna, AMMdes Bisa Digunakan Sebagai Penyemprot Disinfektan

Multiguna, AMMdes Bisa Digunakan Sebagai Penyemprot Disinfektan AMMdes penyemprot disinfektan

KabarOto.com - Kementerian Perindustrian terus mendorong PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) untuk aktif mengembangkan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) yang bisa digunakan untuk kebutuhan di berbagai kegiatan. Salah satunya dimanfaatkan untuk membantu pemerintah dalam upaya mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Indonesia.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika berharap, AMMDes-KMW dapat menyediakan beragam kemudahan bagi masyarakat pedesaan, termasuk ikut berperan dalam percepatan penanganan Covid-19 di Tanah Air.

Baca Juga: Gunakan AMMDes, Puskesmas Di Lebak Sosialisasikan Bahaya Covid-19

Penyemprotan Disinfektan menggunakan AMMdes

Putu menyampaikan, pihaknya memberikan apresiasi kepada KMWI selaku produsen AMMDes karena telah berhasil merancang AMMDes Water Tank sebagai fasilitas penyemprot cairan disinfektan untuk penanganan penyebaran Covid-19. Unit multifungsi ini dilengkapi dengan tangki berkapasitas 600 liter.

“Kami optimis, AMMDes Water Tank ini mampu menjangkau daerah-daerah yang sulit dijangkau dengan kendaraan besar untuk melakukan penyemprotan disinfektan,” tuturnya. Dengan keunggulan AMMDes yang menggunakan differential lock dan penggunaan ban yang bisa disesuaikan dengan kontur medan yang akan dilalui. Diyakini, AMMDes tidak akan selip ketika berada di jalan rusak dengan infrastruktur yang minim.

Presiden Direktur KMWI Reiza Treistanto menyatakan, pihaknya akan turut mendukung kegiatan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, salah satu langkah strategisnya adalah melakukan alih fungsi AMMDes Water Tank sebagai alat penyemprot cairan disinfektan.

Baca Juga: 10.000 AMMDes Buatan Indonesia Dibeli Orang Kaya Di Nigeria

Penyemprotan dilakukan bekerjasama dengan camat, lurah, puskesmas, RT, RW serta tokoh masyarakat. Penyemprotan disinfektan dengan unit AMMDes Water Tank, dilakukan di tempat-tempat beresiko tinggi, seperti taman, tempat, pasar sayur pagi serta pos keamanan.