10.000 AMMDes Buatan Indonesia Dibeli Orang Kaya Di Nigeria

10.000 AMMDes Buatan Indonesia Dibeli Orang Kaya di Nigeria

KabarOto.com - Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) merupakan brand kendaraan yang diproduksi di Indonesia dan terbilang banyak digunakan di pedesaan. Kendaraan ini diperkenalkan pada tahun 2018.

Beberapa wilayah di Indonesia sudah mulai menggunakan kendaraan ini untuk angkutan multi fungsi dari desa satu ke desa yang lainnya. Sebagai andalan para petani untuk berbagai kebutuhan.

Baca Juga: Seorang Ibu Di Lebak, Banten, Melahirkan Bayi Di AMMDes

Ketangguhan AMMDes ini juga akan teruji di Nigeria. Sebanyak 10.000 unit kendaraan buatan Indonesia ini akan diekspor ke negara yang masuk ke dalam benua Afrika. Proses pengirimannya secara bertahap.

Pembeli kendaraan tersebut dikabarkan orang terkaya di Afrika bernama Dangote (Alhaji Aliko Dangote). "Dangote merupakan orang terkaya di Afrika, dan dia sangat berminat untuk AMMDes ini," terang Menteri perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat berbincang dengan KabarOto.

Kendaraan multi guna AMMDes akan segera diekspor ke Nigeria

Sebagai permulaan, menurut Menperin, 3 model AMMDes untuk penjernihan air, pengupas padi dan pengolahan singkong akan dikirim ke Nigeria pada bulan ini untuk contoh.

Sementara itu Harjanto, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, menuturkan AMMDes jenis water purifier atau penjernih air paling diminati.

"Air bersih bisa dihasilkan dan sudah buktikan waktu bencana alam, air bersih bisa dihasilkan dan bisa diminum banyak orang," papar Harjanto. Keunggulan AMMDes adalah mampu melewati jalan dengan kondisi ekstrem atau off road.

Baca Juga: Ini Spesifikasi AMMDes Yang Mejeng Di IMX 2019

Rencana ekspor ini adalah tindak lanjut dari penandatanganan Letter of Intens (LOI) PT Kreasi Mandiri Wintor Distribusi (KMWD) dan PT Repindo Jagad Raya pada April 2010. Penandatanganan terkait minat ekspor AMMDes sebanyak 10.000 unit dalam 5 tahun.