Mensos Risma Ubah Puluhan Mobil Bekas Jadi Ambulans

Mensos Risma Ubah Puluhan Mobil Bekas Jadi Ambulans Ambulance membawa pasien ke rumah sakit (Foto Ilustrasi: Istimewa)

KabarOto.com - Semakin meningkatnya kebutuhan akan ambulans dan juga mobil jenazah, membuat Menteri Sosial Tri Rismaharini berinsiatif mengubah mobil bekas di Kemensos yang terbengkalai, menjadi kendaraan yang lebih bermanfaat.

Mantan wali kota Surabaya itu mengatakan, mobil yang semula menjadi kendaraan operasional itu akan segera diubah menjadi ambulans dan mobil jenazah.

"Kebetulan kami ada beberapa mobil yang tidak dimanfaatkan di Kemensos, dan akan diubah menjadi ambulans dan mobil jenazah," terang Risma di gedung DPR, beberapa waktu lalu. Risma tidak dijelaskan merek dan jenis kendaraannya.

Baca Juga: Bantu Tanggulangi Covid-19, Satu Unit Toyota Kijang Innova Ambulance Untuk Pemkab Bekasi

Toyota ubah KIjang Innova menjadi Ambulance

Menteri yang selalu menjadi perhatian masyarakat karena aksinya ini mengatakan, ada sekitar 10 mobil bekas yang akan diubah.

Dan, nantinya akan disebar di beberapa balai milik Kemensos. Mobil-mobil yang sudah diubah dan disebar di balai itu menurut Risma harus stand by 24 jam, untuk melayani masyarakat yang membutuhkan.

"Balai harus melayani 24 jam kalau ada kebutuhan terkait itu," terangnya. Kemensos juga akan menyiapkan dana operasionalnya untuk 24 jam. Nantinya, masyarakat di sekitar balai yang membutuhkan bantuan, dapat segera dipantau dan ditangani.

Sekedar informasi, terlepas dari apa yang dilakukan Mensos Risma, saat ini Agen Pemegang Merek juga sudah memanfaatkan kendaraan niaga ringannya untuk dijadikan ambulans. Toyota misalnya sudah menggunakan Innova untuk ambulans.

Baca Juga: Sasar Sektor Kesehatan, DFSK Ubah Blind Van Gelora Jadi Ambulance

Suzuki Blind Van, DFSK Glory 560 dan juga Gelora Blind Van diubah menjadi ambulance. Mereka menyesuaikan bentuk ambulans sesuai dengan kebutuhan.