Menyayat Hati, Vespa Primavera ET3 Yang Langka Disulap Pakai Tenaga Listrik

Menyayat Hati, Vespa Primavera ET3 yang Langka Disulap Pakai Tenaga Listrik Kipli

KabarOto.com - Pecinta skuter asal Italia, yakni Vespa, tentu sudah tidak asing dengan tipe Primavera ET3. Bentuknya yang mungil dan unik, membuat pecinta dan kolektor banyak yang ingin meminangnya.

Harga yang fantastis hingga ratusan juta rupiah dan unitnya yang langka memang kerap jadi kendala untuk memilikinya, namun, di tangan modifikator Elders Company, Vespa klasik tersebut justru diubah menggunakan penggerak tenaga listrik.

"Iya, ini memang orisinal Vespa Primavera ET3, bukan repro (replika). Kita konversi pakai motor listrik," ujarnya.

Vespa klasik, dikenal dengan kinerja mesin 2 langkah atau 2-tak. Mesin itu dikenal simpel untuk reparasinya dan ketangguhannya, namun sisi negatifnya tentu polusi udara dan suara.

Tentu konversi ini menjadi sebuah hal yang menyayat hati bagi semua 'purist' atau pecinta orisinal. Namun, pihak Elders Company mengatakan ini adalah sebuah pesanan konsumennya.

Baca juga: Vespa Excel Klasik Disulap Jadi Motor Listrik Dengan Rp18 Jutaan

"Kita enggak mengubah konstruksi standar pabrik, Vespa ini masih utuh seperti kondisi standarnya, hanya kita buat 2 hingga 3 lubang untuk baut baterai motor listriknya," bebernya.

Ia mengatakan, hal ini dilakukan agar mempermudah sang pemilik jika suatu waktu Vespa kesayangannya ingin dibuat standar kembali dengan mesin konvensionalnya.

Elders Company selaku modifikator juga menyediakan jasa untuk produknya tersebut. Terdapat 2 tipe motor listrik yang ditawarkan yakni Speedster dan Duro.

Masing-masing punya spesifikasinya sendiri, contohnya Speedster ditujukan bagi Sobat KabarOto yang mementingkan akselerasi dan performa, sedangkan Duro bagi Anda yang doyan menikmati perjalanan dengan lebih santai.

Baca juga: Jangan Sedih, Merchandise Resmi Vespa World Days (VWD) 2022 Masih Tersedia

Paket Speedster terdiri dari baterai Lithium-Ion 21.700 72v 24Ah, motor listriknya menggunakan Elettrico V2 3KW yang dilengkapi piringan cakram. Controller-nya menggunakan Square Wave 80 ampere dengan koneksi bluetooth via telepon pintar.

Klaimnya motor ini sanggup dipacu hingga 75-80 kpj dengan jarak tempuh maksimum 60-75 km dengan mode Eco. Baterainya membutuhkan waktu 5 jam untuk pengisian hingga penuh. Paket ini dibanderol Rp 25,8 juta.

Paket Duro memiliki spesifikasi baterai Lithium-Ion 21.700 60v 19Ah. Motor listriknya menggunakan Elettrico V1.12 1,2Kw yang juga dilengkapi piringan cakram. Sedangkan Controllernya menggunakan Elettrico Square Wave 50 ampere tanpa modul bluetooth.

Klaimnya motor ini sanggup dipacu hingga 50-55 kpj dengan jarak tempuh 40-45 km dengan mode Eco. Paket Duro membutuhkan waktu pengisian daya yang lebih singkat dibandingkan Speedster yakni 4 jam. Paket ini dibanderol Rp 18,5 juta.