Merasakan Fitur 'Anti-Lengah' Di Mazda CX-30

Merasakan Fitur 'Anti-Lengah' di Mazda CX-30

KabarOto.com - Selama dua hari (24-25/02) KabarOto menikmati perjalanan Jakarta-Ciwidey menggunakan Mazda CX-30. Diajak PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) KabarOto dan teman-teman media lainnya dapat menjajal performa serta fitur-fitur yang dimiliki Mazda CX-30.

Selama mengemudi, KabarOto sangat tertarik dengan fitur yang dimilikinya terutama fitur berkendara dan keamanan yang terkumpul dalam iActivsense. Sebagai pengemudi KabarOto selalu terbantu dengan adanya fitur Head Up Display (HUD).

HUD menampilkan informasi yang sama dengan instrument cluster berkaitan dengan fitur keamanannya. Namun, informasinya berada di kaca sehingga pengemudi tidak kesulitan bolak-balik melihat instrument cluster.

Baca Juga: Ini Spesifikasi Dan Daftar Harga Komplet Mazda CX-30 Di Indonesia

Fitur Head Up Display

Nah, berbicara soal fitur keamanan iActivesense milik Mazda, selama perjalanan Jakarta-Ciwidey maupun sebaliknya, ada beberapa fitur yang sangat KabarOto sukai dan terbukti membantu yaitu Lane Departure Warning System (LDPS), Lane Keep Assist (LKA), dan Blind Spot Monitoring.

LDPS merupakan peringatan yang diberikan oleh kendaraan apabila mobil tiba-tiba menginjak marka jalan tanpa mengaktifkan lampu sein.

Ketika fitur ini aktif maka ada garis yang muncul di HUD dan instrumen cluster berupa dua garis. Nah, garis yang diinjak akan berwarna orange.

Sementara LKA merupakan fitur yang memberi tindakan pada kendaraan. Ketika fitur ini aktif, mobil tidak hanya memberi peringatan berupa gambar dan getaran pada setir namun mengembalikan mobil ke posisi aman di tengah jalur.

Kedua fitur ini sangat membantu KabarOto saat secara tidak sengaja atau tidak fokus yang menyebabkan mobil ke arah yang tidak seharusnya.

Nah, fitur ini juga sangat membantu serta menjaga pengemudi dari kecelakaan lalu lintas terutama bagi pengemudi yang sering mengabaikan penggunaan lampu sein, saat memutuskan untuk berpindah jalur.

Baca Juga: Video Review Mazda CX-8 Elite

Notifikasi blind spot di HUD

Selanjutnya yaitu fitur blind spot monitoring. Fitur ini sangat membantu KabarOto mengetahui kendaraan lain sekitar CX-30 khususnya di samping dan belakang. Ketika fitur ini aktif maka notifikasi akan muncul di sudut spion, HUD, dan instrument cluster.

Apabila jaraknya masih cukup jauh maka notifikasi di HUD adalah garis berwarna putih, apabila sudah cukup dekat garisnya berwarna orange.

Notifikasi blind spot di spion

Jika notifikasi tersebut sudah menyala dan pengemudi mengaktifkan lampu sein searah dengan posisi kendaraan lain, CX-30 akan mengeluarkan warning berupa suara dan garis orange berkedip di HUD.

Berkat fitur-fitur tersebut, mengemudi Mazda CX-30 jadi menambah rasa aman dan nyaman.