POPULAR STORIES

Merawat Ban Mobil Penting, Begini Caranya

Merawat Ban Mobil Penting, Begini Caranya Merotasi ban mobil penting, agar kehasuan ban bisa seimbang

KabarOto.com - Ban salah satu komponen pada sebuah mobil yang sangat penting keberadaannya. Semakin sering digunakan, ban mobil ini tentunya akan semakin menipis. Namun ada hal yang sangat penting, meski mobil sering dipakai untuk beraktivitas, namun ada cara agar ban tersebut awet dan nyaman digunakan.

Baca Juga: Sebegini Biaya Bangun Mobil Off-road Untuk Pemula

Sebenarnya di dalam buku panduan kepemilikan mobil atau manual book, cara merawat ban sudah ada panduannya. Hanya saja tidak pernah diperhatikan oleh pemilik mobil. Sapto Saputro, pemilik bengkel AFI Motor yang berada di Pusat Onderdil Pondok Cabe menjelaskan, cara merawat ban agar usia pakai lebih awet.

"Yang paling sering harus dilakukan memeriksa tekanan angin, ukurannya itu bisa dilihat di bagian dalam pintu mobil sebelah kanan. Ukuran tekanan yang ada di situ sudah disesuaikan dengan standar dari pabrikan," terangnya.

Selanjutnya adalah merotasi ban secara rutin atau menukar posisi kedua ban depan ke belakang setiap 10.000 kilometer. "Tujuannya supaya ban habisnya bisa merata, karena berat kendaraan itu tidak merata akibatnya ban mendapat tekanan yang berbeda," tambahnya.

Merotasi ban ini tidak sembarangan posisinya, ban depan sebelah kanan dipindahkan ke belakang, begitu pula selanjutnya. "Bukan menukar ban depan kanan ke kiri ya," tegasnya.

Satu hal lagi yang harus dilakukan dalam merawat ban adalah melakukan spooring dan balancing. "Ini harus dilakukan, rutin setiap 10.000 kilometer," tambah Sapto. Tujuannya agar ban tidak habis pada satu sisi, dan pada saat pergantian nanti bisa dilakukan keempatnya.

Baca Juga: Trik Merawat Ban Serep Mobil

"Jika ganti ban empat-empatnya itu jadi optimal kinerja mobil, enak dipakai dan tidak khawatir kalau lewat jalan jelek, atau takut pecah ban," tutupnya.