POPULAR STORIES

Merawat Mobil Listrik Dan Hybrid Lebih Mudah Dari Konvensional

Merawat Mobil Listrik dan Hybrid Lebih Mudah dari Konvensional Auto2000 siap merawat kendaraan listrik dan hybrid Toyota (Foto: KabarOto.com)

KabarOto.com - Mendukung kebijakan Pemerintah mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor, PT Toyota Astra belum lama ini memperkenalkan dua kendaraan ramah lingkungan, di antaranya Toyota bZ4X dan Innova Zenix.

Toyota bZ4X merupakan mobil listrik berbasis baterai (BEV), memiliki sasis e-TNGA, yang didedikasikan untuk Battery Electric Vehicle (BEV).

Baca Juga: Toyota Innova Zenix Hybrid Gunakan Baterai Ni-MH, Segini Harganya Jika Rusak

Lithium-ion Battery yang digunakan pada Toyota bZ4X, diklaim dapat diisi ulang dari 0 hingga 80% dalam waktu 9-10 jam dengan metode normal charging atau menggunakan daya listrik rumah.

Toyota bZ4X (Foto: KabarOto)

Sementara itu, Toyota Innova Zenix menggunakan baterai bertipe Ni-MH, bahannya terbuat dari nikel. Battery pack disusun secara prismatik, sehingga lebih tahan dari guncangan di jalan.

Baterai Ni-MH dinilai lebih tahan panas, lalu karena pengisian mengandalkan geberator (mesin), artinya tidak membutuhkan daya listrik yang besar untuk mengisi sampai penuh kapasitas 6,5 Ah-nya.

Fitur elektrik yang disematkan pada kedua mobil tersebut, tentu membutuhkan perawatan extra. Lalu bagaimana kesiapan bengkel resmi Toyota, untuk merawat mobil-mobil tersebut?

Danang Pinandhitio, Servis Manager Auto2000 BSD City, Tangerang mengatakan, Toyot Bz4x cukup mudah, tinggal mengkoneksikan ke komputer, maka seluruh komponen sudah bisa terlihat, jika ada yang bermsalah.

Toyota Innova Zenix (Foto: KabarOto)

"SDM kita sudah dibekali dengan pengetahuan untuk merawat mobil listrik, jadi kami sudah siap," jelas Danang, kepada KabarOto.com.

Menangani mobil listrik, menurut dia juga tidak seperti konvensional, yang komponennya tidak bisa terhubung dengan komputer. "Kalau mobil dulu kan ada platina, kalau mogok susah tuh benerinnya, mesti diurut. nah kalau sekarang udah mudah, terkoneksi semua dengan software komputer," terang Danang.

Sementara itu, untuk Innova Zenix, bukan masalah besar. Meski ada mesin bensin dan listrik, namun penangannya tidak sulit. Karena sebelumnya sudah ada produk seperti Toyota Prius Hybrid, sehingga bukan hal yang besar bagi mekanik di bengkelnya.

Baca Juga: Lebih Jelas Tentang Fitur Di Toyota BZ4x

"Zenix secara hybrid bukan hal besar, baterai tidak begitu gede," tambah Danang. Nah, Anda yang ingin membeli mobil listrik atau hybrid Toyota, jangan khawatir untuk perawatannya, bisa datang ke bengkel Auto2000.